damniloveindonesia

Ayam, Ayam Apa Yang Eksotis?


01 Dec 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Siapa yang suka makan ayam, hayo ngakuuu... D! sih suka ya, hehehe... Nah, buat sebagian orang, ayam nggak cuma jadi sumber pangan aja, tapi buat yang hobi sama hewan unggas, ayam bisa dijadiin peliharaan dan dikoleksi. Kalau biasanya Pop Patriotics taunya harga ayam dipasaran sekitar tiga puluh sampai lima puluh ribuan Rupiah aja, kali ini D! mau ngasitau kalau ada ayam yang harganya sampai milyaran. Penasaran?

Image: http://www.gracefulchickens.com/

Ada ayam yang terkenal paling mahal di dunia. Ayam itu berasal dari negara Thailand, dengan nama Bangkok Ai Jae yang udah terkenal di kalangan kolektor ayam. Harga ayam ini bisa mencapai 1,2 milyar Rupiah lho. Tapi kita nggak usah ngomongin ayam Thailand lah ya, wong di Indonesia juga ada beberapa ayam yang nggak kalah eksotis dan mahal. Ini diaaa...

1. Ayam Ketawa
Ini literally ayam yang bisa ketawa lho, Guys. Makanya dinamain Ayam Ketawa. Nggak percaya? Nih ada videonya :

Suaranya persis ‘kan kayak orang lagi ketawa? Ayam ini dipercaya sama masyarakat setempat bisa membawa keberuntungan lho, Guys. Dulunya ayam ini dipelihara dan diternak sama para bangsawan kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam ini jadi simbol status sosial dan budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah, dan sukses. Secara fisik, ayam ini sama kayak ayam-ayam pada umumnya. Yang bikin beda adalah pas ayam ini berkokok dan dilanjutkan dengan ketawa. Ayam ini ada yang nawar seharga Rp 40 juta lho. Hmmm... Pop Patriotics tertarik?
Image: http://2.bp.blogspot.com/

2. Ayam Cemani
Ayam ini berasal dari Kedu, Jawa Tengah. Yang bikin unik ayam ini adalah warna tubuhnya yang serba hitam. Nggak cuma bagian luarnya, tapi organ tubuh, kuku, daging, sampai lingkar matanya pun hitam legam. Keunikan inilah yang bikin harganya mahal tapi mampu menarik perhatian para penggemar ayam dari luar negeri. Bahkan ada seorang peternak ayam asal Amerika yang banyak menerima pesanan ayam ini. Harga ayam ini di Amerika sekitar Rp 28 juta tapi kalau di Indonesia harganya Rp 40 juta.
Image: https://greenfirefarms.com
Sayangnya nih, Guys, ayam ini tergolong udah hampir punah. Tapi masih ada kelompok tani di Kedu yang mengembangbiakkan dan memelihara ayam ini. Ayam yang serba hitam ini dipercaya juga sama penduduk setempat punya kekuatan magis. Nggak heran, di sejumlah daerah di Jawa Tengah, ayam ini digunakan sebagai sesajen di sejumlah ritual.

3. Ayam Kukuak Balenggek
Mungkin nama ayam ini belum begitu populer di kalangan kolektor ayam hias. Padahal ayam ini punya keunikan yang terletak di alunan suara kokoknya. Ayam asal Sumatera Barat ini punya irama kokok yang bertingkat. Mulai dari tiga sampai 12 lenggek, bahkan ada yang sampai 19 lenggek. Kokokannya pun terdiri dari 6-15 suku kata tergantung faktor genetik dan pelatihan. Nah nilai jual ayam ini terletak di bagian kokoknya. Makin banyak tingkat suku katanya, jadi makin mahal juga harganya. Pengalaman sebagai juara lomba ayam juga bisa ningkatin harga jual, lho.

Fun fact, di tahun 1994, Pangeran Akishino asal Jepang sempet berkunjung ke Sumatera Barat sekedar buat ngedenger kemerduan suara kokok ayam ini.
Image: http://4.bp.blogspot.com/

4. Ayam Pelung
Bisa dibilang, Ayam Pelung ini salah satu ayam terkenal di kalangan masyarakat umum maupun wisatawan luar negeri nih. Sesuai dengan asalnya, kata pelung berasal dari bahasa Sunda Mawelung atau Melung yang artinya melengkung, karena sesuai sama bunyi kokok unggas yang tergolong mahal ini. Pada 1850, di desa Bunikasih Kecamatan Warungkondang, Cianjur, ada seorang petani bernama Djakarsih yang mendapati seekor anak ayam jantan di kebunnya. Hebatnya, anak ayam ini tumbuh pesat. Berpostur tinggi, punya suara kokok yang khas, panjang, mengalun, dan berirama, nggak heran ayam ini jadi favorit! Harga ayam ini bisa mencapai Rp 20 juta lho kalau jadi juara kontes ayam pelung.
Image: http://1.bp.blogspot.com/

Nahhh itu tadi beberapa ayam eksotis asal Indonesia yang harganya sampai puluhan juta. Hmmm... Tertarik?


COMMENT


Tempe, Persembahan Indonesia Untuk Dunia ❮ Prev Article
Filosofi Hidup Dibalik Minum Teh di Keraton Jogjakarta Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Shout White Male
IDR IDR 265.000
Sticker Sign Damn! Green ...
IDR IDR 15.000
Tee Signature Classic Mis...
IDR IDR 230.000
Sticker Sign Damn! Pink H...
IDR IDR 30.000