streatwear indonesia

Hanya di Indonesia 7 Kebiasaan Tahun Baru Ini Bisa Ditemukan

31 Dec 2015

 

Untung kita nggak kayak orang-orang Skotlandia yang meyakini, tamu pertama yang datang ke rumah di tahun baru akan menentukan keberuntungan mereka setahun ke depan. Atau ekstremnya kayak di Rusia nih, menulis harapan di kertas, terus kertasnya dibakar, dicampur ke sampanye dan diminum!

Honestly, kebiasaan orang Indonesia bertahun baru masih tergolong standard tapi walaupun sederhana tetap berkesan kok! Setuju nggak, Pop Patriotics? Coba deh cek list di bawah ini, kali aja ada kebiasaan yang kamu banget!

1. Moment Dimana Begadang “Dihalalkan” 

Kasihan Bang Rhoma, di tanggal 31 Desember banyak orang mengabaikan sarannya untuk nggak begadang. Well, nggak anak muda, orangtua dan anak kecil seolah “dihalalkan” untuk bergadang. Malah kalau tidur sebelum jam 12 malam berdentang dianggap aneh!


image: ahmadmufid.com

2. Maaf-maafan di Tengah Malam
Bukan hanya Lebaran saja jadi moment maaf-maaf-an, tahun baru juga. Biasanya sebelum ritual memaafkan ada sesi obrolan dulu dengan keluarga. Baru deh, setelah jam 12 maaf-maafan… terus besoknya diulangi lagi #eeh… 
image: 123rf.com

3. Keliling-keliling di Landmark
Satu lagi kebiasaan saat tahun baru adalah ngumpul di landmark kota yang ditinggali. Misalnya, kalau di Jakarta ngumpul di Monas, Jogja ngumpul di Tugu Jogja atau Maliobro. Walaupun rame dan macetnya ampun-ampunan, tetap aja dipantengin. Padahal kalau dipikir-pikir effort ke sana lebih gede ketimbang yang didapat tapi ya begitulah, sudah jadi kebiasaan dan kalau nggak dilakukan kayak bukan tahun baruan.

image: johjuda.blogspot.com

4. Bikin Resolusi yang (terus) Tertunda 
Kebiasaan lain yang sebenarnya positif adalah bikin resolusi. Misalnya, menurunkan berat badan, mengurangi sifat jelek, menyelesaikan tumpukan buku yang dibeli kapan tahun tapi nggak selesai-selesai dibaca, berhenti merokok atau punya pacar hehehe. Sayangnya, resolusi ini jarang terealisasi dan bakal mengisi list di tahun yang akan datang. Pernah mengalaminya, Pop Patriotics?

image: hopeinitiatives.org

5. Meniup Terompet
Masih ada aja lho, ritual meniup terompet. Bahkan sebelum jam 12 sudah heboh saja meniupi terompet. Buat kamu yang punya ponakan, pasti pernah mengalami kehebohan ini atau jangan-jangan kamu termasuk biang hebohnya?

image: beritatelisik.com

6.  Happy New Year dari Puncak Gunung
Nah, kalau yang satu ini, buat die hard adventurer, memilih merayakan tahun baru di gunung, supaya beda dan cetar aja. Satu level di bawah gunung, ya ke puncaklah. Nggak tahu juga ya kenapa kebiasaan ini bisa terus dilakukan padahal jalan ke puncak juga padat, naik gunung juga bisa dilakukan di luar tahun baru. Jawaban yang masuk akal sih, orang senang mengejar moment.

image: @Sulhamidzic

7. Pesan Massal Bikin Jaringan Lemot
Satu lagi nih kebiasaan paling khas saat tahun baru, mengirim pesan massal tepat di jam 12 malam. Sebuah kebiasaan yang bikin jaringan lemot—tapi tetap dilakukan. Lucunya, kadang isi pesan selamat tahun barunya sengaja di copas dari pesan sebelumnya yang masuk. Oh, ya karena kebiasaan jaringan yang suka lemot ini banyak juga yang memilih mengucapkan selamat tahun baru sebelum jam 12. Nggak apa-apa deh, kecepatan asal pesannya sampai.

image: jobstreet.co.id

Punya kebiasaan berbeda dari ini, Pop Patriotics?
SHARE & COMMENT