streatwear indonesia

Sejarah Perayaan Hari Ibu di Berbagai Negara

23 Dec 2016

 

Hari Ibu bisa diperingati kapan aja, dimana aja, dan dengan cara apa aja. Ya sama kayak ibu kita, yang senantiasa menyayangi kita kapanpun, dimanapun, dan dengan cara apapun. Nggak cuma di Indonesia, Hari Ibu juga dirayain di berbagai negara di belahan negara di dunia. Nih rangkuman sejarahnya...

1. Indonesia

Hari Ibu di Indonesia diawali oleh Kongres Wanita ke-3 di Bandung pada 22 Desember 1938. Di masa itu, pergerakan Indonesia emang lagi giat-giatnya dan perempuan Indonesia juga nggak mau kalah dengan jadiin momen Hari Ibu sebagai penjaga semangat kebangkitan perempuan Indonesia biar bisa bertindak sebagaimana pria. Maka tanggal ini kemudian ditetapkan oleh Presiden Soekarno dengan Dekrit Presiden no 316 tahun 1959 dan resmilah tanggal 22 Desember jadi Hari Ibu Nasional.

Image: http://m.cumicumi.com/

2. India

Ada beberapa versi hari Ibu di India, ada yang ngerayain kayak tradisi barat yakni hari Minggu kedua di bulan Mei, ada juga yang ngerayain di tanggal 22 Desember (kayak Indonesia yaaa). Banyak juga yang ngerayain selama sepuluh hari penuh di bulan Oktober. Ada tradisi umat Hindu yaitu festival Pujha Durga, sebuah penghormatan kepada Dewi Durga yang dianggep Ibu Universal atau alam semesta. Di momen hari Ibu ini anak-anak juga bakal manjain ibunya. Semua tugas ibu diambil alih oleh sang anak, jadinya ibu bisa santai-santai di rumah.

Image: http://1.bp.blogspot.com/

3. Jepang

Di periode Showa, perayaan Hari Ibu di Jepang ini diperingati setiap tanggal 6 Maret sebagai penghormatan pada Putri Mahkota Kojun, ibu dari Kaisar Akihito, tapi seiring perkembangan zaman, Jepang ngikutin tradisi lain di dunia buat ngerayain Hari Ibu di Minggu kedua bulan Mei. Uniknya, harga bunga khususnya bunga anyelir bakal melambung tinggi, karena anak-anak bakal ngasih bunga anyelir ke sang ibu, karena di Jepang, bunga anyelir emang merupakan simbol dari Ibu. Di hari Ibu ini juga mereka bakal berkumpul dan menggelar doa bersama.

Image: https://japanesestation.com

4. Amerika Serikat

Kalau di Amerika, Hari Ibu dirayakan setiap hari Minggu kedua di bulan Mei. Hari Ibu ini bukan cuma penghargaan buat Ibu, tapi juga ada sejarahnya lho. Dimulai sekitar satu abad lalu, tokoh perempuan bernama Ann Jarvis pas masa perang dunia, dia ngajak para perempuan buat bekerja demi sanitasi yang baik. Kemudian hari tersebut disebut Hari Kerja Ibu. Perjuangan Ann Jarvis dilanjutin sama putrinya, Anna Jarvis yang menuntut pengakuan Hari Ibu. Jadi, setiap Minggu kedua bulan Mei, Anna Jarvis ngirimin 500 tangkai bunga Anyelir ke gereja Ibunya buat dibagiin buat ibu-ibu disana. Begitulah awalnya tradisi perayaan Hari Ibu di Amerika dan menyebar ke beberapa negara.

Image: http://media.tumblr.com/

5. Thailand

Berawal dari tahun 1970-an, perdana menteri berniat ngenalin keluarga kerajaan ke rakyat. Maka dipilihlah hari kelahiran sang Ratu Thailand, Qeen Shirikit sebagai hari Ibu, yaitu di tanggal 12 Oktober. Selain dirayain antara ibu dan anak, Hari Ibu di Thailand juga dirayain secara nasional dengan pagelaran konser dan parade. Jadi perayaan Hari Ibu diawali dengan ngasih sedekah ke rahib atau biarawan. Terus sang anak mengekspresikan kasih kepada sang Ibu dengan ngasih bunga melati yang dianggap tanda suci kasih ibu. Di Thailand juga ada hari Ayah lho, tentu tanggalnya sama dengan hari lahir Sang Raja.

Image: https://i.ytimg.com

6. Spanyol

Kalau di Spanyol, Hari Ibu dirayain seminggu lebih awal dari Amerika. Sampai tahun 1965 Spanyol memperingati Hari Ibu setiap tanggal 8 Desember tiap tahunnya. Tapi karena ada upaya pemisahan Hari Ibu dari konsepsi gereja, tanggalnya dipindah ke hari Minggu pertama di bulan Mei. Sebenernya hari Ibu ini bukan hari libur tapi kalau jatuhnya pas Mayday atau Hari Buruh, biasanya orang Spanyol bakal ngambil cuti selama seminggu penuh buat ngerayain.

7. Meksiko

Hari Ibu atau di Meksiko dikenal dengan Dia Des Las Madres kalau dibanding sama negara lain, Hari Ibu di Meksiko ini dirayain di tanggal 10 Mei dan dirayain secara meriah! Semua orang bakal nyanyiin lagu Las Mananitas dari The Virgin buat ibu masing-masing. Dan di hari yang sama, Meksiko nyediain makanan buat seluruh ibu dan momen ini disebut tamale dan atole. Selain ngasih bunga, anak-anak juga bakal ngasih hadiah.

8. Inggris

Di Inggris, Hari Ibu disebut Mothering Sunday dan selalu dirayakan pada hari Minggu tiga minggu sebelum Hari Raya Paskah. Biasanya hari spesial ini jadi momentum anak-anak yang merantau untuk pulang. Permen, cokelat, dan bunga jadi hadiah yang dikasih buat Ibu.

Image: https://7f9c61237bd6e732e57e-5fa18836a2ae6b5e7c49abcc89b20237.ssl.cf1.rackcdn.com

Nah itu tadi beberapa sejarah perayaan Hari Ibu di Indonesia dan beberapa negara di dunia. Apapun perayaannya, tetep aja kita harus menghargai ibu kita kapanpun dimanapun ya, Guys.

SHARE & COMMENT