streatwear indonesia

Pekerjaan Impian Generasi Millenial? Ya Ini! Part I

16 Jan 2017

 

Generasi millenial atau juga kita kenal sebagai Generasi Y (GenY) adalah generasi yang lahir setelah Generasi X atau yang kita sebut ABG atau Angkatan Bapak Gue. Menurut para peneliti sosial, generasi millenial ini adalah generasi kelahiran pada rentang tahun 1980an sampai 2000. Singkatnya, generasi millenial adalah anak-anak muda yang sekarang ini umurnya kisaran 15-35 tahun.

Image: http://mozaic.co.id/

Tumbuh di era pergantian abad bikin anak-anak muda ini (kita, ehemngalamin transformasi gaya hidup yang bisa dibilang drastis, khususnya pemanfaatan teknologi. Ditambah masifnya kemunculan dan penggunaan media sosial, didukung kuatnya informasi arus masa kini. Hal tersebut tentu ngefek ke perilaku konsumsi yang jadinya nggak jauh-jauh dari teknologi juga.

Image: http://cdn.klimg.com/

Kalau menurut penulis buku Generasi Langgas Millenials Indonesia, Yoris Sebastian, para millenials ini adalah challenge seeker. Beda sama generasi terdahulu yang lebih memilih zona nyaman mereka. Generasi millenial bakal nyari sesuatu yang baru kalau menurut mereka pekerjaan yang sekarang terlalu monoton. Bukan nggak loyal, tapi mereka lebih selektif memilih hal-hal yang emang perlu disetiakan. Singkat kata, generasi millenial adalah generasi yang berani nyari hal baru.

Image: http://www.qureta.com/

Beberapa waktu belakangan, media sosial kita lagi rame-ramenya dipenuhi sama wajah-wajah dan postingan para generasi millenial. Mereka yang udah punya ribuan bahkan ratusan ribu followers ini memilih pekerjaan sebagai influencer. Yup, mereka yang katanya informal leader opinions ini emang lagi hits banget. Nggak cuma di Indonesia tapi juga dunia!

Sebut aja kalau di luar negeri ada panutan buat fashion and beauty para cewek, @garypeppergirl

Image: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Atau kalau buat cowok ada @marianodivaio

Image: http://www.maleandwomentopmodelimages.com/

Dan di kalangan foodies ada @ladyironchef

Image: http://www.theuniform.com.sg/

Nggak melulu selebriti lho yang bisa jadi influencer. Kalau taste kalian di bidang tersebut emang oke dan foto plus caption inspiratif serta bisa menarik minat para “pengikut”, bukan nggak mungkin kamu bisa mendapat predikat influencer dan jadi “incaran” brand buat mempromosikan produk mereka.

Tapi bukan sekedar endorse aja lho, sebagai seorang influencer kamu bisa menginfluensi orang-orang. So, nggak cuma foto, posting, and that’s it. Kalau seorang influencer berjangka waktu lebih lama, jadi followers kamu juga nungguin postingan yang isinya menginspirasi mereka, bukan cuma tertarik buat beli aja.

Image: http://oketekno.com/

Makanya kalau menurut Damn! salah satu pekerjaan impian para generasi Y ini ya jadi influencer. Damn! mengutip riset Center for Middle Class Institute dari perusahaan konsultasi Inventure, dimana mereka mengkaji perilaku generasi millenial dan beberapa sifatnya “mendukung” banget kenapa mereka tertarik buat jadi influencer:

1. Attention Seeker
Mereka berusaha ngepost foto semenarik mungkin buat dapet banyak likes dan komentar. 

Image: http://doukasmedia.com/

2. Digital Entrepreneur

Millenials ngejalanin usaha mereka lewat online, bisa website, Instagram atau Twitter. Kelihaian mereka dengan dunia digital ini juga bikin mereka dilirik para perusahaan atau brand yang butuh seseorang yang bisa dengan cepat menyebarkan berita tentang produk mereka lewat cara yang kreatif dan kekinian. Lewat media sosial, lebih murah, mudah, dan reaksinya cepat.

Image: https://z4zao2x5yv31zz19n46kfiid-wpengine.netdna-ssl.com

3. Online Buyers

Ya karena mereka sangat into digital world, mereka juga beli apa-apa lewat internet.

Intinya, dengan kemajuan zaman serta teknologi dan pekerjaan yang menuntut mereka untuk selalu berpikir kreatif (dan generasi kita adalah generasi yang mikirnya cepet, dan super kreatif) dan jadi influencer ini jam kerjanya nggak monoton, bisa dikerjakan dimana aja, kapan aja, bisa mengeksplor minat sekaligus hobi, dan mendatangkan banyak likes ya nggak heran kalau makin kesini banyak bermunculan influencer-influencer baru dari bidang yang berbeda-beda.

That’s why nggak sedikit juga anak muda Indonesia bukan selebriti yang berhasil jadi influencer. Ada banyaaak banget influencer yang menurut Damn! ngasih inspirasi yang positif. Siapa ajaTungguin postingan artikel Damn! selanjutnya ya, karena abis ini Damn! mau bagi-bagi informasi seputar influencer generasi millenial dan kenapa mereka ngasih dampak positif buat perkembangan bisnis!

Psssttt... Kali aja Instagram feed mereka jadi inspirasi buat feed Pop Patriotics, jadi followersnya makin nambah deh!

SHARE & COMMENT