streatwear indonesia

Ini Lho Daftar Hukuman Buat Para Koruptor Di Berbagai Negara

01 Feb 2017

 

Rasa-rasanya pemberitaan kasus korupsi di Indonesia udah hampir sama ya kayak tayangan sinetron stripping. Adaaaa terus. Khususnya sejak ada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Tapi ya begitu, meski udah diberitain nasional lewat televisi, surat kabar, atau media sosial, para koruptor nakal ini kok kayak nggak kapok-kapok, ya. Pejabat yang lain juga, bukannya takut, malah nambah lagi nambah lagi. Apa gara-gara hukumannya kurang “keras”?

Image: https://cdn.idntimes.com/

Jadi penasaran, kayak gimana sih hukuman-hukuman buat para koruptor di negara lain? Ini dia:

1. Jepang

Kalau secara hukum, untuk kasus korupsi di Jepang, tersangkanya cuma dikasih hukuman penjara maksimal 7 tahun. Jepang juga nggak punya undang-undang khusus kasus korupsi. Tapi di luar budaya hukum, budaya hukum dan harakiri lebih kuat buat ngatasin korupsi. Kalau seseorang terbukti melakukan korupsi atau suap, pengacara bakal ngebujuk koruptor tersebut buat ngundurin diri dan ngembaliin apa yang udah doi “ambil” dari negara. Dan karena ada “budaya malu”, banyak koruptor di Jepang yang memilih buat bunuh diri.

Image: https://3.bp.blogspot.com

2. Korea Selatan

11-12 sama Jepang, para koruptor di Korea Selatan ni punya “budaya malu” yang tinggi. Jadi kalau di KorSel, pelaku korupsi bakal dijatuhi hukuman penjara dan dikucilkan dari masyarakat juga keluarga. Emang hukum sosial di KorSel terkadang lebih berat daripada hukum legalnya. Contoh, mantan presiden KorSel, Roh Moo Hyun yang tersangkut kasus korupsi. Karena nggak bisa nahan rasa malu, Roh pun memilih bunuh diri dengan terjun dari atas bukit. Coba kalau di Indonesia, mana ada budaya malu. Diliput di tivi aja masih bisa mesem mesem.

Di Korea Selatan

Image: http://www3.pictures.gi.zimbio.com/

Di Indonesia

Image: https://3.bp.blogspot.com

3. Korea Utara

Beda sama Korea Selatan, kalau koruptor di Korea Utara dijatuhi hukuman lebih sadis. Contohnya, paman Kim Jong-Un yang dikenai sejumlah tuduhan, mulai dari korupsi sampai ngerencanain kudeta. Tahun 2013 kemarin, Kim Jong-Un mengeksekusi pamannya, Jang Song-Thaek dengan menembaknya.

Image: https://s.yimg.com

4. Jerman

Kalau di Jerman, para koruptor diharuskan ngembaliin semua hasil korupsi, terus harus menghabiskan sisa hidup di tahanan.

5. Amerika Serikat

Di Amerika belum ada badan khusus penanganan korupsi kayak KPK dan nggak percaya juga sama hukuman mati karena alesan hak asasi. Biasanya koruptor diganjar ancaman hukuman penjara minimal 5 tahun dan denda sebesar 2 juta Dollar. Untuk kasus tertentu, ada juga ancaman dideportasi ke negara lain.

6. Arab Saudi

Walaupun kedengerannya sadis, hukuman qisas atau pancung yang berlaku di Arab Saudi ini bisa bikin jera.

7. Cina

Mirip-mirip sama Arab Saudi, cuma bedanya kalau di Cina, hukuman mati buat para koruptor dengan cara ditembak. Sejak Xi Jinping jadi Presiden Cina di tahun 2013, hukuman mati diberlakukan buat semua pelaku korupsi tanpa terkecuali. Nggak peduli jabatannya, mau petugas biasa atau petinggi negara, kalau terbukti korupsi ya konsekuensinya nyawa. Mulai dari ditembak di tempat khusus sampai ditembak di hadapan umum. Pemerintah Cina yakin bahwa cuma hukuman terberat kayak eksekusi mati dan penjara seumur hidup yang bisa bikin koruptor jera.

8. Indonesia

Kalau di Indonesia gimana? Hukuman buat para koruptor masih tergolong longgar BANGET, apalagi kalau dibandingin sama negara-negara tadi ya. Maksimal 20 tahun penjara, itupun pake dikurangin remisi lah, perbuatan baik lah (korupsi kok perbuatan baik ya?), yang tadinya hukuman 15 tahun eh turun drastis jadi cuma 3 tahun. Di penjara juga hidupnya nggak menderita, liat aja Gayus Tambunan yang bisa pelesiran. Enak banget yaaa...

Image: http://mediaindonesia.com/

Tapi ya kita tetep mesti optimis lah ya dengan penegakan hukum buat para koruptor, biar pada jera. Apalagi kita punya lembaga sendiri yang ngurusin korupsi. Semoga bisa diberantas tuntas dan hukuman makin dibikin ngeri, biar pada kapok. Jadi kalau ketangkep setidaknya ada rasa malu lah, nggak nyengir-nyengir lagi pas udah dipakein rompi oranye. Ups.

SHARE & COMMENT
Anonymous - Thu, 02 Nov 2017 <a href="http://tokolelaki.xyz/">toko lelaki</a> <a href="http://tokolelaki.xyz/obat-kuat-viagra-usa-asli/">viagra asli</a> <a href="http://tokolelaki.xyz/obat-kuat-cialis-80mg/">obat kuat cialis</a> <a href="http://tokolelaki.xyz/obat-mandul-semenax/">semenax asli</a>