streatwear indonesia

7 Sinetron Laga Indonesia Yang Boleh Lah Ditonton Lagi!

28 Feb 2017

 

Lama kelamaan kok kayaknya sinetron Indonesia pamornya udah berkurang ya? Ada yang nggak sesuai sama nilai-nilai dan norma yang ada, ada juga yang ditegur KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) tapi masih tayang-tayang juga. Padahal mah kalau sinetron zaman dulu mana ada tuh yang bolak-balik dilaporin KPI atau jalan ceritanya dipaksain. Sinetron zaman kita SD dulu mah selalu ditunggu-tunggu dan nggak sedikit lho yang memberi edukasi.

Nah, kali ini Damn! mau ngebahas tentang sinetron-sinetron atau drama kolosal Indonesia yang membekas banget di hati kita, penonton setianya. Bahkan bukan cuma kita lho, warga negara lain kayak di Malaysia dan Singapura juga pada suka. Makanya, kita nggak masalah banget kalau drama-drama kolosal berikut ditayangin lagi di Indonesia. Pasti deh peminatnya banyak!

1. Wiro Sableng

“Wiro Sasono, itu nama aslinya. Lahir dari ibu bernama Suci. Dengan ayah yang bernama Raden Ranawolang dan dibesarkan oleh seorang guru, bernama Sinto Weni, alias Eyang Sinto Gendeng, atau Sinto, Sinto Gila”.

Inget nggak, Guys sama lagu opening-nya Wiro Sableng itu? Sinetron yang diadaptasi dari karya ayahnya Vino G. Bastian ini biasanya kita tonton abis pulang sekolah pas zaman SD. Banyak lho nilai edukasi yang terkandung di dalam drama laga yang hits di tahun 90an ini. Buat yang kangen sama Wiro Sableng, ceritanya mau dibikin film layar lebar lho, pernah Damn! tulis artikelnya di sini.


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

2. Misteri Gunung Merapi

Meski sinetron ini berbau mistis, tapi ini termasuk salah satu sinetron yang ditunggu-tunggu lho penayangannya. Ceritanya tentang kehidupan pemuda bernama Sembara yang merupakan anak angkat Kakek Jabat. Sembara yang harus berpisah dengan kekasih hatinya Farida, karena mau ningkatin ilmu kanuragannya. Kemudian Sembara mendapat seorang guru yang ternyata adalah siluman, Datuk Panglima Kumbang dan merupakan musuh bebuyutan Mak Lampir. Sinetron ini dulu tayangnya tiap akhir pekan malem malem. Hiiii...

 

Image: http://2.bp.blogspot.com

3. Angling Dharma

Sinetron ini bercerita tentang seorang raja di Kerajaan Malwapati yang mencapai puncak tahta setelah memperistri adik Batik Madrim, Setyowati, dan kemudian mendapat ilmu kanuragan tingkat tinggi warisan sang guru, Nagaraja. Konon katanya, sosok Prabu Angling Dharma bener-bener ada di dunia nyata lho, Guys, tilasnya ada di Bojonegoro, Jawa Timur. Dulu, sinetronnya tayang tiap hari dengan Anto Wijaya yang menghiasi.


Image: https://2.bp.blogspot.com

4. Tutur Tinular

Atau dalam Bahasa Indonesianya berarti, “nasihat atau petuah yang disebarluaskan,” bercerita tentang perjalanan asmara seorang ksatria asal desa Kurawan bernama Arya Kamandanu, ia adalah anak laki-laki dari pembuat keris andal, Mpu Hanggareksa. Singkat cerita, Kamandanu ini jatuh cinta sama Mei Shin pas ia mengembara ke negeri China. Mei Shin hampir jadi istri Kamandanu, tapi direbut sama kakaknya yang pandai membuat syair, Arya Dwipangga. Hiks...


Image: http://4.bp.blogspot.com

5. Wali Songo

Drama ini bercerita tentang sepak terjang Wali Songo dalam membagikan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW. Selain bercerita tentang nilai-nilai religius, sinetron ini juga berkisah persoalan cinta. Sinetron ini dibuat berdasakan legenda dan buku-buku kuno. Hayooo... Masih pada inget nggak sama Arya Gading yang diperanin sama Choky Adriano?


Image: https://upload.wikimedia.org

6. Jaka Tingkir

Jaka Tingkir yang diperanin sama Dian Sidik ini bercerita tentang pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Panjang. Sejak remaja, Jaka udah punya kesaktian, dan suka bertapa biar dirinya makin sakti. Jaka Tingkir terkenal bisa ngalahin buaya dan bikin hewan tersebut tunduk atas semua perintahnya.


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

7. Si Buta dari Gua Hantu

Nah ini! Si Buta dari Gua Hantu bercerita tentang Barda Mandrawata yang harus kehilangan penglihatannya karena bales dendem ke pembunuh sang ayah. Kemudian ia mengasingkan diri ke gua angker ditemenin sama monyet kesayangannya, Kliwon. Walau begitu, Si Buta ini punya hati yang mulia banget, selalu menumpas kejahatan dan ngebantu orang-orang lemah dan tertindas. Baik yaaaaa...


Image: http://cdn.klimg.com

Nah itu tadi Pop Patriotics, tujuh drama kolosal yang pernah hits banget! Favorit kalian yang mana nih, Guys? Setuju nggak sih kalau ditayangin lagi? Komen ya!

SHARE & COMMENT