damniloveindonesia
damniloveindonesia
10 Negara Dengan Bahasa Terbanyak di Dunia
28 Feb 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Ada sejumlah negara di dunia yang memiliki lebih dari satu bahasa, bahkan ada yang ratusan. Nah, berikut daftar negara-negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Hmm... Indonesia di urutan berapa ya?

Image: http://cdn.masterstudies.com

10. Brasil – 229 bahasa

Bahasa utama dan resmi di Brasil adalah bahasa Portugis, makanya bahasa ini juga jadi bahasa yang paling dipakai oleh masyarakat Brasil. Bahasa Portugis di Brasil cukup beda sama bahasa Portugis di area lain, miripnya sama Bahasa Portugis Eropa di abad ke-16.


Image: http://cdn-s3.si.com

9. Australia – 245 bahasa

Nggak cuma kaya bahasa, tingkat baca di Australia ini tinggi lho. Persentase penduduk yang bisa baca aja mencapai 99%!


Image: http://2.bp.blogspot.com

8. Kamerun – 281 bahasa

Di negara ini, ada dua bahasa yang paling sering digunakan, yaitu bahasa Inggris dan Perancis. Meski dua bahasa itu merupakan bahasa nasional, mereka punya 281 bahasa daerah juga lho.


Image: http://e2.365dm.com

7. Meksiko – 289 bahasa

Dari 289 bahasa yang ada di Meksiko, sebanyak 280 merupakan bahasa asli masyarakat setempat. Tapi sebanyak 99,3% populasi Meksiko, bicara dalam bahasa Spanyol.


Image: http://hbz.h-cdn.co

6. Tiongkok – 300 bahasa

Sebanyak 70% warga Tionghoa menggunakan dialek Mandarin, sisanya pakai dialek khas masing-masing. Kayak halnya di Indonesia, Tiongkok punya dialek yang banyak. Tapi bahasa Mandarin dijadiin bahasa utama, kayak kedudukan Bahasa Indonesia di Indonesia.


Image: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

5. Amerika Serikat – 422 bahasa

Dari 422 bahasa yang ada, ternyata 211 diantaranya adalah bahasa yang dibawa oleh para imigran. Bahasa Inggris tentu aja merupakan bahasa yang paling sering dipakai. Sebanyak 80% penduduk Amerika Serikat pakai bahasa Inggris aja dalam kehidupan sehari-hari.


Image: https://static01.nyt.com

4. India – 454 bahasa

Karena pernah dijajah Inggris, nggak heran kalau sekarang India punya dua bahasa resmi, yaitu Hindi dan Inggris. India sendiri ngaku nggak punya bahasa nasional, tapi bahasa resmi yang mereka pakai adalah Hindi karena dipakai sama mayoritas populasi.


Image: http://www.celebfamily.com

3. Nigeria – 526 bahasa

Meski bahasa resmi mereka adalah bahasa Inggris tapi Nigeria punya keberagaman bahasa yang luar biasa, lho. Beberapa bahasa lokal yang paling banyak dipakai ada Igbo dan Yoruba. Tapi kalau buat urusan pemerintahan ya mereka pakai bahasa Inggris.


Image: http://media.npr.org

2. Indonesia – 707 bahasa

Whaaaat? Indonesia punya 707 bahasa? Yup! Tapi sayang, walaupun kita kaya dengan keragaman bahasa, ada sekitar 98 bahasa lokal kita yang terancam punah. Dan Pop Patriotics tau nggak sih, uniknya Bahasa Jawa itu adalah bahasa tradisional dengan pemakai terbesar di dunia yang nggak dipakai sebagai bahasa resmi. Hayooo yang bisa bahasa Jawa coba angkat tangan dulu!


Image: http://cdn.klimg.com

1. Papua Nugini – 839 bahasa

Nah ini nih negara dengan jumlah bahasa terbanyak. Papua Nugini punya jumlah bahasa sampai dua kali lipet lebih banyak ketimbang semua bahasa yang dipakai di Eropa. Kalau bahasa resmi yang mereka pakai namanya Tok Pisin dalam bahasa setempat.


Image: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Itu tadi Guys negara-negara dengan bahasa terbanyak di dunia. Suka sama artikelnya? Di share yes! :D



COMMENT


7 Sinetron Laga Indonesia Yang Boleh Lah Ditonton Lagi! ❮ Prev Article
Festival-Festival Indonesia Ini Mendunia Lho! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Turtle Neck Black HD Red ...
IDR IDR 349.000
Tee Signature White HD Re...
IDR IDR 220.000
Tee Female Damn! I Love M...
IDR IDR 220.000
Tee Sign Black HD Blue Ma...
IDR IDR 220.000