damniloveindonesia
damniloveindonesia
Festival-Festival Indonesia Ini Mendunia Lho!
03 Mar 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Indonesia merupakan negara yang kaya, dari Sabang sampai Merauke begitu luas dengan banyak suku dan budaya. Dari banyaknya suku dan budaya yang ada, nggak sedikit kota-kota di Indonesia menghelat festival-festival yang udah mendunia lho, Guys! Check 'em out!

1. Jakarta International Java Jazz Festival

Ini nih festival musik jazz terbesar yang selalu diselenggarain setiap tahun di awal bulan Maret sejak tahun 2005 di Jakarta oleh Java Festival Production. Pendiri Museum Rekor Indonesia, Jaya Suprana bahkan ngasih penghargaan piagam tertinggi rekor dunia buat event ini. Festival ini mecahin rekor dunia sebagai “Festival Jazz Terbesar di Dunia”, dengan sebanyak 1.300 musisi, artis dan grup di 21 panggung. Ya absen dulu yang dateng ke JJF tahun ini! (Damn! angkat tangan)


Image: http://destinasianews.com/images/MICE/JJF_15_Bobbymcferrn2.JPG

2. Erau International Folk and Art Festival

Festival yang juga mendunia ini dilaksanain sama masyarakat Kutai Kartanegara sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil bumi yang melimpah dan udah beberapa tahun belakangan diadain barengan sama ulang tahun Kota Kutai Kartanegara.


Image: http://www.kaltimnews.com

Festival ini nampilin upacara adat (sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang berlimpah), pentas seni masyarakat Kutai, dan yang bikin menarik, ada negara-negara lain yang ikutan! Ada Rusia, Hungaria, Belanda, Turki, dan negara Eropa lain. Erau International Folk and Art Festival ini jadi salah satu festival yang ditunggu-tunggu turis mancanegara lho, Guys!

3. Bromo Yadnya Kasada

Kalau festival yang biasa diadain pada bulan Kasada di hari ke-14 dalam penanggalan Jawa atau biasanya jatuh di bulan Agustus atau September ini merupakan karnaval sekaligus upacara adat yang memberi sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Masyarakat Hindu Tengger yakin bahwa upacara ini demi keselamatan bersama.


Image: https://img.okezone.com

Jadi di karnaval ini masyarakat ngelempar sesajen berupa hasil bumi ke Gunung Bromo. Rangkaian upacara adat ini jadi daya tarik lho buat para wisatawan dari penjuru dunia.

4. Festival Danau Kelimutu

Kalau festival ini pasti Pop Patriotics udah pada sering denger dong? Yup, salah satu festival yang juga sering dikunjungi wisatawan mancanegara ini diadain sebagai ungkapan syukur masyarakat terhadap berkah yang udah diberikan dan sebagai bentuk pengharapan buat kehidupan yang lebih baik. Biasanya festival ini diisi oleh berbagai kegiatan kesenian dan kerajinan tangan masyarakat NTT dan pameran kuliner. Nyaaam!


Image: https://tempatberlibur.files.wordpress.com

5. Dieng Culture Festival

Festival yang menyajikan panorama indah ini jadi salah satu festival yang diminati sama wisatawan mancanegara khususnya anak muda lho! Di festival ini Pop Patriotics bisa liat prosesi adat pemotongan rambut anak gimbal yang dianggap istimewa, pagelaran seni, tari-tarian, sampai festival jazz! Festival dengan tujuan ngegabungin alam dan seni ini bisa masuk dalam salah satu bucket list Pop Patriotics!


Image: https://ariffst.files.wordpress.com

6. Festival Bunga Tomohon

Nggak perlu ke luar negeri buat ngeliat rangkaian bunga indah dan mengagumkan. Pop Patriotics bisa ke Festival Bunga Tomohon di Sulawesi Utara yang juga merupakan salah satu festival bunga bertaraf internasional terbesar se-Asia.


Image: http://photo.jpgm.co.id

Biasanya festival ini digelar di bulan Agustus dan peserta yang berasal dari berbagai negara ini bakal nampilin karya terbaik mereka.

7. Solo Batik Carnival

Sesuai dengan namanya, festival bertaraf internasional ini menampilkan festival fashion dari kreasi batik. Batik yang udah ditetapkan sama UNESCO World Intangible sebagai salah satu warisan dunia bikin Solo Batik Carnival banyak diminati wisatawan mancanegara. Desainer-desainer dari seluruh dunia berkumpul dan menampilkan karya terbaik mereka dengan bahan dasar batik. So seru lho, Pop Patriotics!


Image: http://pre00.deviantart.net

8. Jember Fashion Carnaval

Nah ini nih yang selalu ditunggu-tunggu dan mencuri perhatian para desainer dunia. Yup, Jember Fashion Carnaval ini selalu menampilkan karya desainer dunia.


Image: http://www.marthatilaargroup.com

Yang bikin unik dan menarik, kalau biasanya fashion show model-modelnya catwalk di panggung runway, di JFC modelnya fashion show di jalanan!


Itu tadi Guys festival-festival bertaraf internasional yang ada di Indonesia. Nah kalian udah mau datengin yang mana nih?



COMMENT


10 Negara Dengan Bahasa Terbanyak di Dunia ❮ Prev Article
Hari Musik Nasional, Hari Ulang Tahun WR Soepratman Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Junior Born For Indon...
IDR IDR 250.000
Band Signature Dili Misty...
IDR IDR 35.000
Cap Snapback Urban Batik ...
IDR IDR 235.000
Tee Female Damn! I Love S...
IDR IDR 275.000