streatwear indonesia

Hari Musik Nasional, Hari Ulang Tahun WR Soepratman

09 Mar 2017

 

Sejak 2013 lalu, setiap tanggal 9 Maret, Indonesia memperingati Hari Musik Nasional. Tentu, hari itu adalah hari yang spesial buat semua rakyat Indonesia, khususnya insan musik Tanah Air. Penetapan Hari Musik Nasional ini awalnya direncanakan sama Megawati Soekarnoputri, tapi ditetapkannya sama mantan Presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai apresiasi terhadap musik nasional. 

Image: http://mozaic.co.id

Loh kok tanggal 9 Maret? Alasannya apa sih?

Nah, dipilihnya tanggal 9 Maret ini bukan asal pilih, Guys. Pasalnya tanggal 9 Maret ini adalah hari lahirnya Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu kebangsaan, Indonesia Raya dan Ibu Kita Kartini.


Image: http://mozaic.co.id

Sebenernya ada sedikit kontroversi dari hari lahir pahlawan nasional kita ini. Karena ada yang menyatakan kalo sebenernya tanggal lahir WR Soepratman adalah tanggal 19 Maret 1903. Tapi di hampir semua buku sejarah menulis kalau kelahiran WR Soepratman ini di Jakarta, tanggal 9 Maret 1903. Tanggal itu juga didasarin dari keterangan kakak-kakak Wage dalam amar putusan Pengadilan Negeri Surabaya di tahun 1971 pas muncul sengketa soal penetapan ahli waris Wage. Yang jelas Pop Patriotics, baik tanggal 9 maupun 19 Maret, dua-duanya jatuh pada hari pasaran Wage.


Image: http://www.nyoozee.com

Pernah jadi anak band

Selain pencipta lagu, Pop Patriotics pada tau nggak nih kalo dulunya WR Soepratman ini pernah jadi anak band? WR Soepratman ini piawai memainkan gitar dan biola, hasil berguru sama kakak iparnya. Pas Wage umur 17 tahun, Van Eldik, sang kakak ipar ngajak Wage buat main musik bareng. Jadi deh mereka ngebentuk band bernama Black and White Jazz Band. Band ini sering pentas lho, di pesta-pesta di Makassar.


Image: http://www.nyoozee.com

Terciptanya lagu kebangsaan

Pas lagi Kongres Pemuda II dan lahirnya Sumpah Pemuda, Soepratman memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum. Nah, itulah pertama kali Indonesia Raya dikumandangkan. Semua yang hadir pun terpukau. Dengan cepat, lagu itu terkenal di kalangan pergerakan nasional. Kalau partai-partai politik lagi ngadain kongres, lagu Indonesia Raya selalu dinyanyiin. Lagu itu adalah perwujudan rasa persatuan dan kehendak untuk merdeka. Salah satu bentuk perjuangan WR Soepratman buat melawan pemerintahan Belanda dalam bentuk lagu. Setelah merdeka, lagu Indonesia Raya dijadiin lagu kebangsaan, lambang persatuan bangsa. Tapi sayang, Wage nggak sempet menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan. Karena nyiptain lagu itu, Wage selalu diburu sama polisi Hindia Belanda sampai sakit di Surabaya. Lagu ciptaannya yang terakhir, Matahari Terbit bikin beliau ditangkap dan ditahan di penjara. Beliau meninggal pada 17 Agustus 1938 karena sakit.


Image: http://historia.id

Itulah Guys perjuangan WR Soepratman. Makanya di hari lahir beliau, ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional. Sebagai apresiasi terhadap musik nasional. Dan mengenang, kalau perjuangan kita buat merdeka, salah satunya dicapai dengan menciptakan musik yang bisa menyatukan bangsa, pemberi semangat buat merdeka mengusir penjajah. Musik adalah budaya yang bersifat universal, yang bisa memperlihatkan nilai-nilai kemanusiaan yang luhur, harapan, dan punya peran untuk pembangunan bangsa. Apa harapan Pop Patriotics buat Hari Musik Nasional tahun ini? Share ke Damn! ya!

SHARE & COMMENT