damniloveindonesia
damniloveindonesia
Sentuhan Internasional di Kuliner Tradisional Indonesia ala Rahung Nasution
03 Feb 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

“Jika kita bisa menikmati spaghetti atau sushi, ya kenapa kita tidak bisa menikmati masakan Batak dan Maluku dalam satu suap atau bahkan dalam satu piring berisi beberapa jenis masakan dari daerah-daerah yang berbeda? Misalnya Lawa Pakis Lindung itu jenis urap yang memakai daun pakis dan udang dari Sulewesi Selatan dan Saksang sendiri masakan dari Batak yang biasanya menggunakan rempah Batak dan darah,” kata Rahung Nasution.

Pantengin aja instagramnya di @kokigadungan, ada banyak kuliner Indonesia yang dibikin Rahung menjadi menu-menu andalan yang nggak kalah dengan makanan luar. Menurut Rahung kuliner Indonesia kaya akan rempah-rempah contoh kecilnya saja andaliman; bumbu dapur yang bentuknya mungil ini memang bisa bikin lidah menggeletar dan nafsu makan meningkat bila dijadikan sambal! Berikut adalah sajian kuliner tradisional Rahung yang sudah dieksplorasi dengan sentuhan estetika andalan! Check these out, Pop Patriotics!

1. Sayur Kacang Beureum

Sop Kacang Beureum ini asli dari bumi parahyangan. Terbuat dari kacang merah dimasak dengan rempah-rempah. Rada mirip Brenebonnya Manado. Rasanya gurih dan segar. 


2. Nasi Rempah

Kalau menu yang satu ini nasi rempah kreasi langsung dari Rahung. Disajikan dengan Kohu-kohu (urap) khas Maluku, Ayam Bakar Ingkung Jogya, Kadedemus yang terbuat dari kulit singkong rebus dengan sambal oncom khas Sunda. Gimana, Pop Patriotics, menggiurkan nggak?


3. Katimus Saus Markisa-Mangga Harum Manis

Kalau Katimus ini juga termasuk penganan Sunda, singkong yang dikukus dengan gula merah. Beberapa bahannya adalah singkong parut, gula pasir, gula merah dan bahan-bahan lainnya. Kalau kita lihat sekilas memang berbeda jauh dengan Katimus yang biasa kita temui di pasar, sentuhannya memang lebih modern namun nggak meninggalkan rasa tradisionalnya yang khas.


Kalau sudah melihat begini, apa kita masih mau nih lebih sering mengonsumsi makanan luar ketimbang kuliner dalam negeri, Pop Patriotics? (images: dok.Salian Spicelab)




COMMENT


4 Tradisi Kuliner Nian Gao yang Menarik Untuk Diketahui ❮ Prev Article
Menyantap "Kemakmuran" di Hotel Mulia Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Female Slank Love Ind...
IDR IDR 275.000
Tee Signature White HD Re...
IDR IDR 220.000
Tee Signature Classic Nav...
IDR IDR 230.000
Tee Signature Purple Hd Y...
IDR IDR 230.000