damniloveindonesia
damniloveindonesia
Ternyata Eh Ternyata, Biji Kakao Terbaik di Dunia Berasal Dari Indonesia!
23 Aug 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia
 

Cokelat… Siapa sih yang nggak suka cokelat? Panganan guilty pleasure ini digemari banget banget sama berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Damn! pun suka banget ngemilin cokelat (ehem kode ehem biar dikirimin ke kantor :P).


Image: https://cdns.klimg.com

Ngomong-ngomong soal cokelat, Pop Patriotics tau dong pastinya sama jenis-jenis cokelat kayak Praline, Marsipan, Ganache, cokelat-cokelat asal Belgia itu tuh yang rasanya endeus bembeus… Nah, itu hasil olahan cokelat yang biji kakaonya ternyata dari Indonesia lho! Bahkan salah satu chef spesialis makanan penutup cokelat dan es krim dari Belgia mengatakan kalau Indonesia punya sumber cokelat terbaik. Bangga! Nggak cuma Belgia aja, tapi perusahaan-perusahaan pengolah cokelat dari Eropa, Amerika Serikat dan Malaysia.


Image: http://3.bp.blogspot.com

Biji kakao apa sih yang dibilang terbaik itu? Biji kakaonya berasal dari Kolaka, Sulawesi Utara. Aromanya tajam dan kalo dijadiin produk siap saji juga nggak gampang meleleh. Hal itulah yang bikin biji Kolaka ini dilirik sama pasar dunia.


Image: http://poskotanews.com

Selain dari Kolaka, ada juga biji kakao terbaik lainnya yang berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat dengan ciri khas buah dan biji yang besar-besar. Satu lagi yang nggak ketinggalan, biji kakao yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. 


Image: http://oatmeal.perutgendut.com

Psst… Di tahun 2015 aja Indonesia berhasil menempati urutan ketiga dunia sebagai penghasil biji kakao terbesar di dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Hmm… Berpotensi banget ‘kan Indonesia, Guys?  Jauh-jauh jajan cokelat sampai ke negeri orang, ternyata asal bahan bakunya dari negeri sendiri juga. Hehehe… Salut dan bangga banget deh. Mesti dijaga baik-baik dan dirawat pastinya ya.



COMMENT


Nyamm... Sajian Berbuka Puasa Khas Daerah di Nusantara ❮ Prev Article
Asam-asam Asal Indonesia Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Damn! Orange...
IDR IDR 35.000
Tank Top Signature A Line...
IDR IDR 220.000
Tee Signature Sta Green H...
IDR IDR 230.000
Tee Signature Jerman Whit...
IDR IDR 230.000