damniloveindonesia
damniloveindonesia
Menyantap "Kemakmuran" di Hotel Mulia
05 Feb 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Kumpul bersama ketika malam Imlek menjadi tradisi yang terus dilakukan turun-temurun. Ada banyak makanan khas yang menjadi pelengkap malam ritual kumpul bersama keluarga ini. Table8 Hotel Mulia Jakarta menawarkan pengalaman sarat nilai historis. Pop Patriotics pernah mendengar tradisi santap Yee Sang?

Nah, Yee Sang adalah sajian berwarna-warni dari irisan sayur, manisan jahe dan ikan salmon dilengkapi dengan racikan saus spesial. Awal tradisi ini sebenarnya dimulai di Singapura dan Malaysia yang merupakan hidangan khusus untuk Tahun Baru Imlek. Sedangkan di Indonesia sendiri nih, biasanya menjadi menu santapan orang Bangka saat merayakan Imlek ataupun warga Tiouchiu yang menetap di Malaysia.


Yee Sang sebenarnya bukan sekadar ritual santap makanan biasa tetapi ada makna dan harapan di setiap elemen makanan yang ada di dalam menunya. Untuk air jeruk (ta ci ta li ta feng shou) melambangkan murah rejeki dan keuntungan, bumbu khas (shuang si lin men fu ang kang) bahagia akan datang di sepanjang tahun, ikan salmon (nien nien you yu he jia huan) melambangkan keberuntungan, minyak yee sang (wan shi ru yi si ji hao) semoga urusan sepanjang tahun dilancarkan, minyak plum (tien tien mi mi sing tuan yuan) semoga dalam hidup selalu manis dan kerupuk (man ti huang cin tian fu gui) adalah perlambangan uang/harta yang datang.


Kemudian, setelah semua elemen digabung, anggota keluarga akan bersama-sama mengaduk dan mengangkat ikan, sayuran dan bumbu-bumbunya tinggi-tinggi. Semakin tinggi akan semakin baik pula peruntungan tahun ini. Menarik ya, Pop Patriotics! Sebagai pelengkap menu yang sarat tradisi ini, ada teh China Hua Cha (Teh Bunga) yang dibikin dari jalinan daun teh dan bunga krisan, ratna (gomphrena) dan melati yang bisa menjadi antioksidan. Selain jenisnya yang berbeda yang bikin Hua Cha lebih menarik lagi adalah penyajiannya yang atraktif dengan menggunakan teko tembaga panjang yang dituangkan jarak jauh. Pokoknya seperti adegan film Kung Fu deh!


Selain menu spesial tadi ada beragam pilihan buffet yang menjadi andalan saat kita merayakan Imlek. Selamat merayakan Imlek buat yang merayakan ya Pop Patriotics, Gong Xi Fa Cai!!!




image: dok. Hotel Mulia Jakarta


COMMENT


Sentuhan Internasional di Kuliner Tradisional Indonesia ala Rahung Nasution ❮ Prev Article
Apa Keistimewaan Restoran Indonesia Ini Sampai Bisa Didatangi Victoria Beckham? Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Female Jakarta Nightv...
IDR IDR 265.000
Sticker Sign Damn! Pink H...
IDR IDR 15.000
Sticker Sign Damn! Green ...
IDR IDR 35.000
Damn Varsity Plated Skirt...
IDR IDR 390.000