damniloveindonesia
damniloveindonesia
Dahsyatnya Kuliner Indonesia, "Lem" Juga Dimakan!
25 Feb 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Thank God we live in Indonesia, Pop Patriotics! Beragamnya kebudayaan telah membuat kita dianugerahi variasi kuliner yang berbeda juga. Menariknya, nggak hanya berbeda tapi juga unik, lucu bahkan nggak kebayang juga kalau “ini” bisa jadi makanan. Hmm…apa aja kira-kira ya?

1. “Makan” Darah

Beberapa daerah di Indonesia punya tradisi kuliner menjadikan darah hewan sebagai salah satu bahan untuk mengolah santapan. Salah satu daerah yang kental dengan tradisi ini adalah daerah Sumatera Utara. Nggak dimakan mentah tapi dimasak dengan cara direbus bersama bumbu dan rempah ataupun dibekukan. Biasanya campuran untuk darah ini adalah daging ayam ataupun babi. Ternyata tradisi memakan darah ini nggak hanya ada di Indonesia aja tapi juga di beberapa negara. Misalnya nih, seperti di Inggris, Skotlandia dan Irlandia yang punya kebiasaan nyarap sosis darah. 

image: http://3.bp.blogspot.com/

2. Mencicipi “Lem”
Bukan lem beneran sih tapi bentuknya seperti lem, lengket dan kenyal namanya Papeda. Masakan tradisional khas Ambon dan Papua ini terbuat dari sagu. Tapi nggak hanya dikonsumsi begitu aja, tetap ada makanan pendampingnya yaitu ikan kuah kuning. Jadi, rasanya nggak hambar-hambar banget. Makan Papeda bikin kenyang lho!

image: upload.wikimedia.org

3. Ayam Tangkap
Kita harus mengejar ayamnya dulu nih, Pop Patriotics baru bisa dimakan…hehehe nggak dong! Sebenarnya ini hanya istilahnya aja karena penampakan ayam di menu ini tersembunyi karena tertutupi bumbu daun-daun, taburan bawang goreng dan cabai hijau goreng yang dipotong besar-besar. Kita perlu menyibak bumbu-bumbunya dulu baru dapetin ayamnya. Oh, ya bumbu yang rame ini bikin cita rasa ayam tangkap benar-benar enaaaak dan kaya rempah. 

image: makanajib.com

4. Bubur “Rame” Manado
Sebenarnya namanya bukan “Bubur Rame Manado”, Guys, tapi isiannya yang benar-benar rame makanya D! menyebutnya begitu hehehe. Kalau sepintas melihat, penampakannya nggak banget. Soalnya semua dicampur-aduk; labu kuning, bayam, kacang panjang, jagung, kemangi, sereh, daun melinjo, tomat yang membuat warnanya jadi campur aduk. Tapi, walau penampakannya rada berantakan, rasanya yang lezat dan bergizi membuat kita ketagihan. Kalau tradisinya dulu (mungkin sampai sekarang masih dilakukan) bubur diletakkan dalam nampan besar kemudian dimakan rame-rame dengan sendok yang dibuat dari daun pisang. Benar-benar suasana kekeluargaan banget, deh!

image: http://2.bp.blogspot.com/

5. Daging Durian “Basi”
Buah durian dalam bentuk yang biasa aja bikin orang banyak mengernyit karena aromanya—tapi sebagian besar ada juga sih yang gila banget dengan durian, apalagi yang sudah difermentasi ya? Pasti, baunya menyengat abis. Lucunya di Jambi daging durian yang difermentasi dijadikan olahan sambal yang jadi favorit. Penasaran dengan rasanya? Kalau kamu berkunjung ke Jambi cari aja menu namanya Tempoyak.



COMMENT


Ada Nasi Goreng Indonesia Hebat di Waha Kitchen ❮ Prev Article
Datang ke Batam? Wajib Cicipi 5 Kuliner Ini Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Glow In The...
IDR IDR 250.000
Tee Line SS Raglan Sign B...
IDR IDR 275.000
Tee Signature Red HD Whit...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Damn! Blue H...
IDR IDR 35.000