damniloveindonesia
damniloveindonesia
Datang ke Batam? Wajib Cicipi 5 Kuliner Ini
01 Mar 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Sebagai tempat pertemuan berbagai budaya Indonesia, seperti Jawa, Melayu, Tionghoa, Padang dan lain-lain, Batam memiliki akulturasi kuliner yang unik. Demikian juga kebiasaan penduduknya berkuliner dengan istilah-istilah yang hanya ada di sana. Misalnya nih, kalau mau pesan Teh O untuk teh manis panas dan Teh Obeng untuk teh manis dingin. Jadi kalau kamu mau pesan teh manis dingin nyebutnya “Teh Obeng”. Di Batam jarang ada orang memesan Es Teh Tawar seperti di Jakarta atau di Medan. Makanya nggak ada istilah untuk Es Teh Tawar hehehe…

image: fauzanmm.files.wordpress.com

Oke, deh ini dia nih list kuliner wajib coba ketika datang ke Batam. So….yummy!!!!

1. Epok-epok
Memang mirip dengan kue pastel yang umum kita tahu tapi kalau di Batam disebut dengan Epok-epok. Ada beberapa pilihan rasa, telur, ikan sarden dan kari ayam. Salah satu Epok-epok yang paling top dijual di Batam ada di kawasan Nagoya ataupun Penuin dekat Mall BCS.

image: http://2.bp.blogspot.com/

2. Mie Tarempa
Kenapa Mie Tarempa begitu wajibnya untuk dicoba, Pop Patriotics? Soalnya enak bingiiits. Potongan ikannya rame, bumbunya berempah dan memang berasa banget ikannya. Rahasianya memang karena originalitasnya, soalnya mie ini menggunakan hasil alam dari daerah asalnya yaitu Pulau Tarempa—tetangganya Batam. Bumbu-bumbunya juga dari Pulau Tarempa. Oh, ya ada pilihan penyajian nih, mau yang kering atau basah.

image: dsaraswati.files.wordpress.com

3. Kek Pisang
Walaupun banyak yang bilang kalau di Batam nggak ada budaya yang benar-benar asli sana sehingga susah untuk mau mencari oleh-oleh khasnya, ini nggak seutuhnya benar sih, Pop Patriotics. Sama kayak Medan punya Bika Ambon dan Bolu Meranti begitu juga Batam punya Kek Pisang. Kek Pisangnya andalan lho! Rasa pisangnya benar-benar berasa dengan tekstur lembut dan wangi lagi. Bisa dibeli di Jalan Imam Bonjol, Nagoya. Wajib catet!

image: batamguide.com

4. Gonggong 
Ke Batam tanpa merasakan seafood Gonggong, rugiiiii!!! Ini salah satu kuliner yang nggak boleh dilewatkan kalau jalan-jalan ke Batam. Guys! Sebenarnya Gonggong ini seperti siput ukuran sedang yah kira-kira seperti escargot-lah. Rasanya kenyal dan sebenarnya yang bikin enak itu sambalnya. Salah satu tempat di Batam untuk menyantap Gonggong ada di Harbour Bay. Menikmati kuliner seafood sekaligus Batam saat malam hari.

image: 4g92mivec.files.wordpress.com

5. Ayam Bawang 
Menu Ayam Bawang ini bisa ditemukan di tempat yang sama saat kita memesan Gonggong. Bisa dibilang satu paketlah. Apalagi kalau dimakan dengan nasi panas, Kangkung Tumis, wuiiiih! Ramuan Ayam Bawang ini dimasak dengan bawang putih, ketumbar dan bumbu-bumbu andalan lainnya sampai meresap dan garing. Bikin spesialnya lagi, ketika kita mengigit daging ayamnya rempahnya benar-benar berasa. Oh, ya, nggak semua menu Ayam Bawang di Batam andalan salah satu yang D! recommended kan ada di kawasan Harbour Bay juga Pop Patriotics!

image: http://batam-dine.com/



COMMENT


Dahsyatnya Kuliner Indonesia, "Lem" Juga Dimakan! ❮ Prev Article
Minuman "Ajaib" Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Slash Garuda Gangsta ...
IDR IDR 250.000
Tee Puno Gangsta Black Ma...
IDR IDR 250.000
Sticker Sign Damn! White ...
IDR IDR 15.000
Damn! Signature Male Kore...
IDR IDR 230.000