damniloveindonesia
damniloveindonesia
Minuman "Ajaib" Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia!
04 Mar 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Eiits… jangan salah, Pop Patriotics, Indonesia punya koleksi minuman keren yang nggak kalah dengan luar punya. Minuman-minuman ini nggak hanya sekadar pereda rasa haus aja tapi juga ada makna tradisi di dalamnya. Seiring perkembangan zaman, sebagian minuman yang D! sebutkan di bawah juga udah naik kelas dan dinikmati di hotel berbintang. Penyajiannya juga lebih atraktif dan cantik saat difoto hehehe. Ini dia nih minuman tradisional Indonesia yang wajib kita tahu, check these out, Guys!


image: http://3.bp.blogspot.com/


1. Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Indonesia yang hampir bisa ditemukan di seluruh Indonesia. Bahan utamanya adalah jahe, daun serai dan gula merah. Sensasi hangat yang diberikan dari jahe bakar serta aroma segar dari bahan-bahan yang dimasak membuat Bandrek enak diminum saat badan meriang dan cuaca dingin. Seringnya Bandrek divariasikan dengan susu kental manis.

image: http://visitbogor.com/


2. Tuak

Efeknya sama-sama menghangatkan sih tapi minuman khas Sumatera Utara ini tergolong minuman beralkohol. Terbuat dari hasil fermentasi nira. Rasanya pahit tapi sebagian besar orang menyukai sensasinya dan menjadi salah satu yang harus dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Utara. Selain nira, bahan lain pembuatan tuak adalah beras. Sebenarnya di daerah-daerah lain di Indonesia seperti Toraja dan Bali punya minuman serupa. Hanya saja ada perbedaan cara pengolahan dan bahan lain yang ditambahkan. Tuak bukan hanya minuman tradisional biasa tapi juga pelengkap acara adat tertentu.

image: http://candrawiguna.com/


3. Bir Pletok

Kalau yang ini nih, namanya aja yang menggunakan kata “bir” padahal sebenarnya nggak ada kandungan alkoholnya sama sekali. Karena proses pembuatannya yang dikocok sehingga menghasilkan buih dan busa mirip bir makanya disebut Bir Pletok hehehe. Aslinya, minuman khas Betawi ini dibuat dari bahan-bahan alami dan rempah-rempah yang menyehatkan. Seperti jahe bakar, serai, kayu manis, kayu secang dan lain-lain. 

image: http://ayammercon.com/


4. Sopi

Sebenarnya nama Sopi adalah adaptasi dari nama Belanda Zoopje yang berarti alkohol cair. Memang kandungan minuman tradisional asal Ambon, Flores dan Papua ini cukup tinggi; 30% dan semakin bening maka semakin tinggi juga kadar alkoholnya. Makanya peredarannya dijaga ketat juga oleh pemerintah setempat. Namun tetap saja ada yang menjual minuman ini. Karena memang sebagai minuman tradisional, Sopi digunakan dalam upacara-upacara adat. Kemudian penduduk setempat juga menjadikan pembuatan Sopi sebagai salah satu cara untuk bertahan hidup alias menghasilkan uang.

image: enjoybackpacker.files.wordpress.com

5. Loloh Cemcem

Bisa dibilang minuman ini adalah jamu khas Bali. Bedanya dengan jamu yang biasanya kita tahu, Loloh Cemcem ini rasanya nggak pahit melainkan segar dengan rasa campur-campur, ada pedas, asam dan manis. Bahan-bahan yang ada dalam minuman ini adalah daun cemcem, kayu manis, daun sirih, dauh jarak pagar dan daun dadap air serta pelengkap lainnya. Biasanya disajikan dingin-dingin supaya segarnya nendang. Minuman ini lebih sering ditemukan di daerah Bangli.

image: http://s16.postimg.org/


6. Teh Talua

Minuman asal Sumatera Barat ini sering kita jumpai di warung-warung tempat asalnya. Ramuannya terdiri dari teh, gula, telur dan perasan jeruk nipis. Minuman tradisional ini adalah minuman penambah stamina. Rada-rada mirip Teh Susu Telor di Medan sih... 

image: http://antipedes.blog.com/


7. Purwaceng

Purwaceng adalah minuman tradisional khas dari Dieng yang lebih dikenal juga sebagai gingsengnya Dieng. Sebenarnya minuman ini tergolong jamu penghangat untuk udara dingin semenggigit Dieng! Selain itu ada manfaat tambahannya lain yaitu sebagai obat “kuat”. Tertarik mencoba, Pop Patriotics?

image: alifiaparachyta.files.wordpress.com



COMMENT


Datang ke Batam? Wajib Cicipi 5 Kuliner Ini ❮ Prev Article
Restoran Ini Dulunya Gudang Rempah-rempah Zaman Hindia Belanda Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Turtle Neck Black HD Red ...
IDR IDR 349.000
Cap Sign Black/Misty/Red
IDR IDR 170.000
Tee Signature Japan Black...
IDR IDR 230.000
Hoodie Damn! Signature Ma...
IDR IDR 349.000