damniloveindonesia
damniloveindonesia
Restoran Ini Dulunya Gudang Rempah-rempah Zaman Hindia Belanda
11 Mar 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Berkunjung ke Historia Food & Bar di Taman Fatahillah, Jalan Pintu Besar Utara No. 11 ini bukan hanya soal menikmati kuliner Indonesia yang aji gilee enak bingits! Tapi juga belajar sejarah dan meresapi kenangan masa-masa dimana tempat ini adalah gudangnya rempah-rempah. Suasana kota tua klasik dan rame, tapi begitu sampai di restoran ini atmosfer teduh benar-benar bikin tenteram hati. D! merangkum tiga alasan kenapa Pop Patriotics harus cobain datang ke Historia Food & Bar!

1. Kantor Perdagangan Zaman Hindia Belanda Dulu

Sudah bukan rahasia lagi dong kalau Kawasan Wisata Kota Tua menyimpan cerita sejarah. Nah, dulunya Kawasan Kota Tua ini berdekatan dengan Pelabuhan Sunda Kelapa sehingga dulunya gedung Historia Food & Bar ini dijadikan sebagai gudang tempat menyimpan rempah-rempah dan sering terjadi transaksi jual-beli. Makanya untuk mengingat peristiwa bersejarah tersebut, Historia Food & Bar menempatkan toples-toples yang diisi dengan rempah-rempah di lorong menuju pintu masuknya.



2. Instagram Friendly

Buat Pop Patriotics yang  hobi up date status di sosmed dengan foto-foto, nah satu tempat ini cocok banget buat kamu pamer ke sosmed. Konsepnya yang klasik-industri-kontemporer dengan nuansa yang berbeda di setiap ruangnya membuat kita betah berlama-lama di sini. Meski atmosfernya modern dengan musik-musik yang diputar bernuansa jazzy tapi bangun gedung yang tetap mempertahankan bangun asalnya membuat Historia Food & Bar berasa nuansa lamanya. Mulai dari kerangka bangunan, ubin lantainya sampai batu bata pada dindingnya. Sapuan mural yang menjadi interior di dinding ruangan punya makna sendiri dimana gambar tersebut mengisahkan noni-noni Belanda dan aktivitas perdagangan zaman dulu.



3. Makanannya Indonesia Banget…banget!

Menu-menu yang bisa kita peroleh di sini Indonesia banget dengan pilihan daerah yang beragam juga. Mulai dari masakan Betawi, Jawa, Medan, Palembang dan Makassar. Salah satu menu unik yang nggak biasa adalah Es Tajin! Pop Patriotics tahu nggak tajin? Air tajin itu adalah air cucian/rendaman beras yang dimasak/direbus terlebih dulu, biasa digunakan ibu-ibu zaman dulu sebagai pengganti susu untuk bayi-bayinya. Di Historia Food & Bar, menu air tajin menjadi menu spesial. Namanya tetap Es Tajin tapi dengan tambahan olahan. Misalnya penambahan potongan daun jeruk, bubuk kayu manis dan gula, sehingga sensasinya lebih dahsyat!


Minuman dingin seperti ini enaknya dinikmati dengan menu yang pedas-pedas seperti Bandeng Bakar Sambal Matah. Ikan Bandeng tanpa duri porsi sedang dibakar dengan bumbu pedas manis kemudian disajikan dengan dua pilihan sambel, ada sambel matah dan sambel kecap. Wuih, rasanya benar-benar pool, Pop Patriotics!


Bandeng Bakar Sambal Matah ini adalah salah satu menu favorit selain Nasi Sayur Babanci dan Nasi Ayam Sampyok. Sebagai kudapan ataupun penambah ganjelan kalau masih lapar ada kudapan yang bakal bikin kamu ketawa sekaligus kenyang, namanya Bakpao Ketawa. Kulit bakpaonya lembut dan empuk, isiannya adalah suwiran daging rendang tebal. 





COMMENT


Minuman "Ajaib" Ini Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia! ❮ Prev Article
4 Alasan Menggiurkan Kenapa Kamu Mesti Cobain Makan Daging Puyuh! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Millenials White Rose...
IDR IDR 250.000
Tee Sukarno Amazing White...
IDR IDR 250.000
Tee Signature France Blue...
IDR IDR 230.000
Tee Sukarno Holo Black Ma...
IDR IDR 265.000