damniloveindonesia
damniloveindonesia
6 Makanan yang Nggak Boleh Dilewatkan Ketika Berkunjung ke Gresik
02 Aug 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Berkunjung ke Gresik, kurang lengkap kalau kamu nggak membawa buah tangan khas Gresik ini, Pop Patriotics. Walaupun hanya kota kecil yang terkenal dengan makam para sunannya, Gresik menyimpan pesona kuliner yang memikat. Salah satu pusat oleh-oleh di Gresik yang nggak boleh dilewatkan pas mampir ke sini ada di Jalan Veteran. Siap-siap berburu kuliner deh kalau gituCheck these out

1. Otak-otak Bandeng

Bisa dibilang Otak-otak Bandeng ini oleh-oleh andalannya Kota Gresik, Guys! Apa sih yang bikin makanan ini beda? Bedanya adalah ikan bandeng yang dihaluskan dengan diberi bumubu andalan dibentuk lagi menyerupai ikan bandeng terus dikukus kembali. Rasanya nendang banget deh!

image: http://3.bp.blogspot.com/


2. Legen Siwalan

Penampakan buah Siwalan mirip dengan kelapa, airnya juga berwarna putih keruh mirip air kelapa. Legen Siwalan ini adalah minuman khas Gresik dengan rasa asam manis yang khas. Enak diteguk dingin-dingin. Cobain deh! Konon katanya minuman ini juga bisa jadi penambah stamina lho!

image: anindrawidya.files.wordpress.com


3. Pudak

Terbuat dari tepung beras, gula pasir/gula jawa dan santan kelapa kemudian dibungkus pelepah daun pinang. Hmm…benar-benar tradisional lho! Dan biasanya para peziarah yang datang ke Gresik selalu pulang membawa oleh-oleh penganan ini.

image: http://1.bp.blogspot.com/


4. Jubung

Sekilas mirip Jenang dengan warna hitam dan taburan wijen. Jajanan khas Gresik ini terbuat dari ketan hitam. Untuk membuat Jenang yang enak dan wokeeh banget butuh waktu enam jam hanya pada proses pengadukannya aja lho! 

image: http://1.bp.blogspot.com/


5. Pentol

Kalau yang ini sih memang nggak bisa dibawa sebagai oleh-oleh kali ya. Sebagai jajanan pasar, Pentol termasuk kudapan yang paling popular di kalangan orang-orang Gresik. Sekilas bentuknya kayaknya Cilok tapi rasanya lebih dari sekadar tepung kanji lho. Ada potongan daging sapi di dalamnya. Kurang lebih seperti baksolah dengan beberapa pilihan saos. Sebagai jajanan rakyat, Pentol seringnya bisa dinikmati menjelang sore sampai malam. Dan salah satu Pentol yang enak banget biasa berjualan di Kawasan Petrokimia, Jalan Jend. Ahmad Yani. 

image: abutholib.files.wordpress.com


6. Nasi Krawu

Apa keistimewaan nasi Krawu di Gresik? Tentunya ada pada kesederhanaan dan bumbunya yang istimewa, Guys! Apalagi kalau makannya di pinggir jalan sambil lesehan. Bayangin aja nih, nasi panas dengan suwiran daging sapi, serundeng kelapa, sambal terasi dan lalapan. Hmm…enyaaaak bangeeet!!

image: http://saptanawa.com/



COMMENT


7 Cafe dengan Menu Cantik di Pantai Indah Kapuk yang Wajib Dicoba! ❮ Prev Article
8 Restoran Terbaik Dunia Ada di Indonesia! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Generation Of Freedom...
IDR IDR 250.000
Tee Millenials White Rose...
IDR IDR 250.000
Camou Wayang Hot Pants
IDR IDR 390.000
Polo Male Merdeka Navy Bl...
IDR IDR 279.000