damniloveindonesia
damniloveindonesia
Musim Hujan, Enaknya Cemal-Cemil Camilan Khas Indonesia Ini
24 Sep 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Indonesia emang terkenal sama cita rasa kulinernya yang mendunia. Rempah-rempah yang kaya akan manfaat nan nikmat bisa memuaskan lidah yang menyicipinya. Nggak cuma makanan utamanya yang enak, camilannya juga nggak kalah maknyus. Berikut D! pilihin 10 camilan khas Indonesia yang bisa menemani Pop Patriotics di musim hujan mulai dari yang asin gurih sampai yang manis kayak gebetan Pop Patriotics. Ihiiiyy...

1. Bakso

“Ujan gini enaknya ngebakso, nih. Kuah panas, pedes, asem...”. Nah apakah Pop Patriotics salah satu yang suka berujar demikian? Kalau iya, sama dong sama D!. Pas musim ujan, entah kenapa kenikmatan bakso tuh bertambah dua kali lipat, ya. Cus yuk mau bakso urat, bakso alus, bakso setan, bakso malang, yang penting sambel dan bawang goreng nggak boleh ketinggalan!

image: https://d2qqvuwocj8ps9.cloudfront.net

2. Bajigur

Ini nih minuman khas Sunda yang terkenal pisan! Campuran gula Jawa dan santannya... Sedap! Biar lebih nikmat, biasanya ditambah sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili atau terkadang ada yang nambahin cangkaleng atau kolang-kaling. Biasanya bajigur disajiin barengan kacang rebus, ubi rebus atau klepon.

image:  https://soloraya.files.wordpress.com

3. Kembang Tahu

Jajanan anget-anget lembut satu ini berupa sari pati tahu yang diguyur kuah jahe dan gula aren. Pas banget buat ngangetin badan khususnya perut. Biasanya kembang tahu dijajakan tradisional dengan cara keliling komplek dan tampilannya sederhana tapi menggoda. Cukup kembang tahu dan siraman kuahnya aja udah nampol abis. Kalau D! sih semangkok kurang. Hehehe...

image: http://tembi.net

4. Pempek Palembang

Coba Pop Patriotics bayangin, kuah cuka hitam membanjiri potongan pempek lenjer goreng, adaan, kapal selam, hmm... Pasti bikin ngiler ‘kan? Garingnya, lembutnya, asemnya, pedesnya, segernya... Semua jadi satu! Lidah pun ikut bergoyang berdendang.

image: https://cdn.bisnisukm.com

5. Bandrek

Sama kayak bajigur, bandrek ini juga salah satu minuman asal Sunda yang nggak kalah terkenal. Komposisi utama bandrek ada jahe, gula merah, daun pandan dan kayu manis. Terkadang ada yang nambahin cengkeh. Selain bisa buat ngangetin badan, bandrek juga diyakini bisa menambah stamina khususnya di musim ujan.

image: http://sajiansambara.com

6. Binte Biluhuta

Nahhh.. Pop Patriotics pernah denger nggak camilan satu ini? Jajanan ini berasal dari Gorontalo. Rupanya mirip sup jagung. Yang bikin istimewa adalah campuran bumbu rempah asli Nusantara kayak belimbing sayur, kelapa, daun kemangi, daun bawang serta jeruk nipis, dan potongan udang! Nyaaam... Sama masyarakat setempat, makanan ini disebut juga milu (jagung) siram. Kalau sup begini paling nikmat sih disantap pas ujan-ujan dingin, ya...

image: www.masakandapurku.com

7. Bir Pletok

Camilan satu ini asalnya dari Betawi. Tenang... Bir ini nggak mengandung alkohol sama sekali kok! Minuman ini terbuat dari jahe, sereh, dan kayu manis, makanya rasanya yang agak pedas cocok buat angetin badan. Sebagai pendamping, bisa cobain uli atau ketan bakar yang biasa dicocol bumbu tauco atau saos kacang.

image: http://tipssehatonline.web.id/

8. Sekoteng

Minuman anget emang juaranya kalo musim ujan. Semua minuman dengan bahan dasar jahe pasti jadi incaran karena emang selain rasanya enak, juga manfaatnya bisa ngangetin badan plus jaga kebugaran. Bisa dibilang obat murah meriah enak buat mencegah flu. Nah nggak terkecuali sekoteng nih. Minuman asal Jawa Tengah berbahan dasar jahe ini berisi kacang ijo, potongan roti, kacang tanah yang di sangrai serta mutiara cina.

image: www.jendelakuliner.com

9. Teh Talua

Siapa sih yang nggak suka nge-teh? Anget, aromanya menenangkan... Nah ada satu teh unik nih! Namanya teh talua. Udah pernah denger atau coba belum? Sejuknya kota Bukittinggi, Sumatera Barat bikin minuman ini populer banget. Teh talua ini olahan teh yang tercampur dari teh, kuning telur ayam kampung, dan kayu manis yang menjadikannya makin khas sekaligus ngilangin bau amis dari telur kuning itu. Dari tegukan pertama, badan langsung berasa anget nget ngeeeet~

image: http://farlys.com

10. PISANG GORENG

Nah... Ini juaranya D! kalau soal cemilan! Mau lagi panas, lagi mendung, ujan lebat, gerimis, pisang goreng selalu menjadi jawaban dan kawan. Hehehe... Gorengan manis satu ini emang nggak bisa banget dilupain kalau urusan cemilan. Di Indonesia sendiri, pisang goreng bisa dinikmati dengan berbagai cara. Kalau di daerah Jawa, biasanya menyantap pisang goreng barengan kopi atau teh anget. Sementara d atau Manado, pisang goreng dinikmati sama sambal roa atau dabu-dabu. Pokoknya apapun temennya, pisang goreng tetap juaranya! Hidup pisang goreng!

image: https://upload.wikimedia.org


Kalau Pop Patriotics apa nih camilan andalannya kalau musim ujan begini? Share ke kita ya!



COMMENT


8 Jajanan Khas Indonesia Yang Bikin Kamu Inget Zaman SD Dulu ❮ Prev Article
Kenalan Sama Buah Langsat Dari Maluku Ini Yuk! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Damn! Signature Japan Red...
IDR IDR 230.000
Tee Signature White HD Bl...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Damn! Grey H...
IDR IDR 30.000
Tee Signature Classic Mis...
IDR IDR 230.000