damniloveindonesia
damniloveindonesia
Warning: getimagesize(./image/catalog/globalUpload/nasi_kuning_opening_resize.jpg): failed to open stream: No such file or directory in C:\Inetpub\vhosts\damniloveindonesia.com\httpdocs\catalog\view\theme\default\template\pages\inc_explore_detail.tpl on line 137Warning: getimagesize(./image/catalog/globalUpload/opening_tongseng_resize.jpg): failed to open stream: No such file or directory in C:\Inetpub\vhosts\damniloveindonesia.com\httpdocs\catalog\view\theme\default\template\pages\inc_explore_detail.tpl on line 179
Ternyata Sambel Punya Manfaat Baik Buat Kesehatan!
04 Oct 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

“Pilih mana, makan nggak pake kerupuk, atau makan nggak pake sambel?”

“Gue sih mending makan nggak pake kerupuk! Sambel and nasi, they’re match made from heaven, bro!”

image: http://merahputih.com/

Ya, meski terkesan berlebihan, tapi D! setuju. Makan emang kurang nikmat kalau nggak ada sambel. Apalagi Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sambel. Sambel cobek, sambel penyet, sambel matah, sambel roa, sambel bawang, sambel bajak, sambelado, dan sambel sambel yang lain. Sayang ‘kan, kalau kekayaan sambel itu disia-siakan begitu aja? Apalagi nih ternyata, sambel dan makanan pedas punya manfaat yang baik buat kesehatan lho!

image: http://sewamobilbali.co.id/

Dikutip dari lifehack dan liputan6.com, sebuah penelitian udah nunjukkin kalau makanan pedas dan sambel itu bisa ningkatin kesehatan dan otak kita secara menyeluruh karena tingkat konsentrasi rasa yang tinggi.

image: http://resephariini.com/

Sebuah studi yang dilakuin oleh para peneliti di Harvard menunjukkan, makanan pedes bisa ngebantu Pop Patriotics hidup lebih lama, lho. Secara spesifik, orang yang makan cabe beberapa kali seminggu bisa nurunin resiko kematian sebesar 14 persen. Hal ini dikarenakan senyawa capsaicin yang ditemuin di paprika punya efek yang bagus banget buat metabolisme dan langsung ngurangin resiko terkena berbagai penyakit, termasuk kanker.

image: https://upload.wikimedia.org

Paprika merah juga punya senyawa yang dikenal sebagai apigenin yang terbukti bisa nguatin hubungan antara sel-sel otak. Hal lain ini juga ngasih perlindungan terhadap gangguan yang sering muncul, kayak Alzheimer DiseaseParkinson, dan beberapa gangguan mental lain.

image: https://upload.wikimedia.org

Bagi seni masakan Padang, cabe bahkan dianggep sebagai “bahan makanan pokok”. Susah banget kalau masakan Padang dibuat nggak pake cabe. Dan cabe merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena punya harga jual tinggi! Tuh 'kan, sambel tuh nggak cuma bikin bibir jontor, ingus naik turun, keringetan, tapi manfaatnya yang baik buat kesehatan. Hidup sambel!



COMMENT


Seng Oseng Oseng, Inilah Sejarah Tongseng! ❮ Prev Article
Wow, Nasi Kuning Indonesia Jadi Salah Satu Sajian Nasi Terbaik Dunia! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Classic HD ...
IDR IDR 230.000
Tee Classic White/Black M...
IDR IDR 230.000
Tee Sukarno Amazing White...
IDR IDR 250.000
Sticker Signature Mini Ye...
IDR IDR 35.000