damniloveindonesia
damniloveindonesia
Sop Buntut Hotel Borobudur, Dari Kaki Lima Ke Bintang Lima
29 Dec 2015
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester P.)
 

Kuahnya yang kental namun nggak berlemak, daging yang tebal empuk, lepas dari tulang plus taburan bawang goreng dan cacahan daun sop daun bawang membuat sekilas Sop Buntut Café Bogor, Hotel Borobudur, Jakarta ini hampir sama dengan sop buntut lainnya.

Tapi..ada tapinya nih, coba deh Pop Patriotics cicipi sesendok kuahnya pasti langsung tahu bedanya! Beda yang berasa banget adalah minus lemak dan nggak lengket di langit-langit mulut—seperti yang biasa kita rasakan kalau makan sop  daging. Yup, Sop Buntut yang sudah ada sejak tahun 1974 ini memang melegenda banget. Pop Patriotics tahu nggak cerita dibaliknya?


Ternyata nih, tahun 1970-an dulu ada salah satu menteri yang jadi pelanggan setia Hotel Borobudur, mulai dari meeting sampai stay-nya di hotel ini, nih. Walaupun bapak menterinya senang tinggal di Hotel Borobudur tapi jarang banget makan di hotel dan lebih memilih sop buntut kaki lima yang dulunya berjualan di dekat Hotel Borobudur.

Nah, manajemen Hotel Borobudur pun mulai cari tahu, apa kelebihan Sop Buntut ini dan memang setelah diicip enaknya ajiib banget, bikin nagih! Manajemen hotel pun berminat mengadopsi kuliner kaki lima tersebut menjadi salah satu menu di hotel. Finally, setelah deal-deal-an, pemilik warung kaki lima tersebut bersedia memberikan pelatihan kepada manajemen restoran Hotel Borobudur pembuatan resep rahasianya. Inilah cikal bakal Sop Buntut legendaris di Hotel Borobudur.


Konsisten & Inovasi

Well, seiring berjalannya waktu, manajemen Hotel Borobudur semakin memperbaiki kualitas dan variasi dari Sop Buntutnya. Damn! I Love Indonesia berhasil nih dapetin info salah satu resep istimewa Sop Buntut ini yaitu pengolahannya yang memakan waktu empat jam plus setiap satu jam disaring untuk mengambil gajih yang bikin after taste lemak di seputaran mulut. Variannya juga semakin bertambah, ada Sop Buntut Reguler, Buntut Penyet, Buntut Black Pepper dan Nasi Goreng Buntut.

Terkhusus Buntut Penyet dan Black Pepper memang sengaja menjadi menu pilihan mengingat tipikal orang Indonesia yang doyan banget makan yang pedas-pedas. Sedangkan Nasi Goreng Buntut, ya seperti kita tahu ya Pop Patriotics, nasi goreng kan makanan sejuta umat alias banyak banget orang yang senang makan nasi goreng. Makanya dibikinlah menu ini.



Sop Buntut legendaris hotel Borobudur ini nggak hanya bisa dicicipi di hotel saja tapi juga di shopping centre di Jakarta. Kali aja, Pop Patriotics lagi ngadem di Pacific Place ataupun Pondok Indah Mall (PIM), sok atuh cicip-cicip Sop Buntut Café Bogor ini. I bet you wanna try this food !


COMMENT


Liburan Ke Bukittinggi Belum Pas Jika Belum Menikmati Hidangan Spesial Ini! ❮ Prev Article
Cari Tahu Filosofi di Balik Kuliner Solo Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Sign Red HD White Mal...
IDR IDR 220.000
Hoodie Damn! Signature Ma...
IDR IDR 349.000
Tee Sign Black HD Gold Fe...
IDR IDR 220.000
Pin Garuda Brown
IDR IDR 25.000