damniloveindonesia
damniloveindonesia
Makanan-Makanan Ini di Indonesia Tergolong Murah, Tapi Mahal di Luar Negeri
08 Dec 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Indonesia merupakan negara yang kaya. Salah satunya kaya akan warisan budaya kulinernya yang lezat. Nah, bersyukurlah kita karena kita bisa menikmati makanan-makanan tersebut dengan harga terjangkau. Bahkan ada makanan yang nggak bosen-bosen kita santap setiap hari. Kalau Pop Patriotics ke luar negeri, belum tentu bisa makan makanan dibawah ini dengan harga yang sama. Nih ada 8 makanan yang udah Damn! rangkum, dimana kalau di Tanah Air harganya tergolong murah tapi mahal di luar negeri:

Image: https://i.ytimg.com

1. Pecel Lele

Biasanya seporsi pecel lele yang sering kita temui di pinggir jalan kisaran harganya sekitar 20 ribu Rupiah ya, dan itu pun udah sama nasi dan minum. Paket murah dan kenyang pokoknya! Nah, nggak cuma di Indonesia, pecel lele ini ternyata juga jadi favorit lho di Swiss. Tebak harganya berapa? 15 Euro atau 225 ribu per porsi. Wah, apa yang bikin mahal ya? Hmmm...

Image: http://4.bp.blogspot.com/

2. Mie Instan

Ada beberapa produk mie instan buatan Indonesia yang digemari juga sama orang-orang yang tinggal di luar negeri. Apalagi yang varian mie goreng. Ya mungkin namanya produk ekspor, pasti lah harganya jadi lebih mahal kalau dibanding sama harga di negara buatannya langsung. Makanya, kalau ke luar negeri bawa aja mie instannya dari rumah. Tinggal modal air panas deh. Hihihi...

Image: http://cdn.klimg.com/

3. Tempe

Nah buat Pop Patriotics yang mungkin suka nyepelein kalau mamanya masak lauk tempe lagi, tempe lagi, tau nggak kalau tempe tuh selain punya protein yang super tinggi, tempe ini kalau di luar negeri harga jualnya lumayan lho. Kalo di Indonesia satu papan tempe harganya 5-10 ribu Rupiah, di Jerman, harga satu papannya bisa sekitar 25 ribu Rupiah.

Image: http://ibudanmama.com/

4. Gado-Gado

Makanan ini emang selalu jadi pilihan Damn! kalau lagi mau diet. Selain isinya sayur-sayuran rebus yang kaya akan serat dan bumbu kacang yang bikin nikmat, harganya juga tergolong murah. Dengan harga kisaran 12 ribu Rupiah per porsi kita bisa menyantap gado-gado plus telur rebus pula. Nah, kalo di New York kabarnya satu porsi gado-gado harganya sekitar USD 10 atau sekitar 130 ribu Rupiah.

Image: http://www.indonesiakaya.com/

5. Sate

Nggak cuma di Indonesia, sate juga dikenal di seluruh penjuru dunia. Kalau di Indonesia, harga sate ayam rata-rata sekitar 15-20 ribu Rupiah per porsi sama lontong. Tapi kalau Pop Patriotics ke London, jangan kaget kalau mesti bayar sekitar 150 ribu Rupiah buat seporsi sate ayam ya.

Image: http://www.raja-makan.co.id/

6. Nasi Goreng

Nah ini makanan favorit Damn! sepanjang masa. Kemanapun nyarinya nasi goreng, kalau bisa yang tek-tek malah. Hehehe... Di deket kantornya Damn! harga sepiring nasi goreng lengkap dengan telur dan suiran ayam biasanya harganya sekitar 12-15 ribu Rupiah. Tapi pas Damn! ke Amerika (tsahhh), harga seporsi nasi goreng bisa mencapai USD 10 atau sekitar 150 ribu Rupiah lho. Wah, nggak bisa sering-sering makan nasgor deh kalau di sana.

Image: http://1.bp.blogspot.com/

7. Bakso

Masakan satu ini emang paling sedep kalo disantep pas musim hujan nih! “Ujan-ujan enaknya ngebakso!”. Pop Patriotics pasti nggak nyangka deh kalau seporsi bakso di negara tetangga kita, Singapura harganya bisa mencapai 50 ribu Rupiah. Padahal kalo di abang bakso langganan harganya 10 ribu Rupiah pake sambel setengah mangkok saingan sama kuah. Sluuuurrrrppp!

Image: http://4.bp.blogspot.com/

8. Pisang Goreng

Duh, siapa sih yang nggak suka gorengan? Apalagi pisang goreng! Jajanan satu ini emang bisa dibilang murah di Indonesia. Satu potong harganya ada yang seribu atau dua ribu Rupiah. Tapi kalau Pop Patriotics ke Belanda, siapin aja 5 Euro atau sekitar 75 ribu Rupiah ya buat sepotong pisang goreng. Hmm... Belum lagi sama kopinya...

Image: http://farm3.static.flickr.com/

Nah itu tadi beberapa makanan khas Indonesia yang harganya tergolong murah tapi jadi mahal kalau di luar negeri. Mungkin Pop Patriotics ada yang tau makanan apa lagi yang tergolong murah di sini tapi mahal kalau di sana? Engkau di sana... Aku di siniiiiiii.... Ecieeee yang inget yang inget...



COMMENT


Tempe, Persembahan Indonesia Untuk Dunia ❮ Prev Article
Tren Makanan Terpopuler di 2016 Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Damn! Pink L...
IDR IDR 35.000
Pin Semar Brown
IDR IDR 25.000
Sweater Female Master Pie...
IDR IDR 299.000
Sticker Sign Damn! Green ...
IDR IDR 35.000