damniloveindonesia

Bikin Liburanmu Warna-Warni di Kampung Pelangi!


12 May 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Di tengah hiruk pikuk situasi yang lagi memanas di sana-sini, Damn! mau ngasih berita yang bagus-bagus aja ah! Setelah tadi bikin artikel tentang lagu Tulus, Manusia Kuat yang menurut Damn! sangat menginspirasi, ada satu lagi nih yang mau Damn! bagiin ke Pop Patriotics. Mungkin udah pada denger Kampung Warna-Warni?


Image: https://4.bp.blogspot.com


Image: Instagram.com/arieprakhman

Yup, kampung yang colorful ini namanya Kampung Wisata Jodipan dan letaknya di Kota Malang, Jawa Timur. Selain indah dan cakep, menurut Damn! asal-muasal Kampung Warna-Warni ini menginspirasi deh! Kenapa? Karena ternyata dulunya kampung ini merupakan pemukiman kumuh. Ehh... Sekarang tiap weekend diperkirakan ratusan pengunjung dari berbagai daerah dateng ke sini. Baik buat liat-liat atau foto-foto cantik!


Image: Instagram.com/lidhachair

Sebenernya apa sih yang bikin menarik, sampe katanya turis dari Belanda dan Australia juga pada dateng kesini? Pertama, ada sekitar 107 rumah warga yang dicat pakai 17 warna. Kedua, bersiiihhh. Ketiga, nggak cuma rumah-rumah itu bisa jadi background ciamik buat foto, tapi banyak juga dinding-dinding yang digambar sama komunitas mural! Artsy banget ‘kan?


Image: https://2.bp.blogspot.com

Jadi awalnya nih, inisiatif buat ngecat kampung ini dateng dari sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kelompok Guyspro. Mereka inisiatif mau ngubah perilaku warga di bantaran sungai yang suka buang sampah ke sungai. Padahal menurut mereka, Jodipan ini punya landscape yang bagus kalau diliat dari jembatan Jalan Gatot Subroto.


Image: http://www.umm.ac.id

Ada komunitas mural dan seniman yang melukis rumah warga, dikerahkan juga sebanyak 30 tukang cat buat mengubah wajah kampung kumuh Jodipan. Mereka pun nggak nyangka kalau Jodipan bisa jadi tujuan wisata, padahal rencana awalnya ngecat rumah-rumah itu biar nggak keliatan kusam.

Yang bikin seneng lagi, warga yang awalnya suka banget buang sampah di sungai dan sembarangan, karena banyaknya turis yang dateng, mereka jadi nggak suka buang sampah sembarangan lagi dan lebih memperhatikan sanitasi. Seneng banget ‘kan liat warga yang inisiatif mengubah kebiasaan buruk dan bikin dampak baik buat perekonomian warga pula dengan kehadiran turis-turis.


Image: http://blog.pergi.com

Bahkan, salah satu situs media sosial dan hiburan asal Amerika Serikat, BuzzFeed, memuat berita tentang Kampung Warna-Warni ini lho! Nih beritanya

Gimana Guys? Jadi adem ya liat foto-foto kampung ini. Hmm... Jadi pengen kesana... Yuk cus!!!

SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Damn! Pink H...
IDR IDR 30.000
Sticker Sign Damn! Lime G...
IDR IDR 35.000
Sticker Sign Damn! Yellow...
IDR IDR 35.000
Sticker Sign Damn! Orange...
IDR IDR 15.000


COMMENT
Anonymous - Thu, 22 Nov 2018 Thanks for info https://bit.ly/2RQK7wa



5 Destinasi Wisata Buat Liburan Waisak 2017 ❮ Prev Article
Si Cantik Dari Garut Next Article ❯
RELATED POST