streatwear indonesia

Asal-Usul 5 Ikon Kota di Indonesia

20 Jul 2017

 

Ngomongin soal landmark atau ikon, pastinya lah ya di setiap daerah ada ikonnya masing-masing. Ya buat penanda khusus atau uniknya sebuah kota atau daerah tersebut. Kalau di Paris ada Menara Eiffel, New York ada Patung Liberty, Jakarta ada Monas, kota-kota berikut di Indonesia ini juga punya landmark yang nggak kalah unik dan ternyata ada maknanya lho. Kota mana aja dan apa landmark-nya? Yuk simak!

1. Patung Knalpot, Purbalingga

Kalau kalian main-main ke Kota Seribu Curug, jangan lupa ya mampir dan foto-foto di landmark kota ini, yang bukan patung air terjun, tapi Patung Knalpot! Letaknya di persimpangan antara Jalan Jenderal DI Panjaitan, Jalan Padamara, dan Jalan AW Sumarmo. Pop Patriotics kalau lewat situ bakal ngeliat patung berukuran cukup besar yang menggambarkan seorang laki-laki yang lagi bikin knalpot. Hmm... Kenapa knalpot ya bukan curug aja?


Image: https://1.bp.blogspot.com

Jadi eh jadi, patung ini dibuat sebagai bentuk apresiasi buat para pengrajin knalpot yang banyak banget di Purbalingga. Walaupun bukan produksi dari perusahaan besar tapi kualitasnya boleh diadu dan nggak usah diragukan lagi.


Image: http://2.bp.blogspot.com

Awal mula Purbalingga jadi penghasil knalpot terbesar di Indonesia adalah dari pengusaha yang bernama Hasan Yusuf. Singkat cerita, pengusaha ini bikin usaha knalpot sampai besar banget sampai-sampai bisa ngajarin orang-orang di kampungnya cara bikin knalpot dan jadi mata pencaharian deh.

Yang bikin tambah bangga selain Purbalingga jadi penghasil knalpot terbesar di Indonesia, pemasaran knalpot ini udah tembus pasar internasional lho! Jadi kalau main-main ke Purbalingga, jangan lupa ya ke Patung Knalpot ini.

2. Patung Semar, Karanganyar

Nah ini, kabupaten yang keindahan alamnya nggak diraguin lagi. Banyak wisatawan yang kesana untuk menikmati panorama alam yang luar biasa. Selain pada kesana buat menikmati keindahan alamnya, nggak sedikit yang kesana buat mengunjungi patung salah satu tokoh Punokawan dalam pewayangan Indonesia, Semar! Letaknya di tengah-tengah taman, jadi makin strategis dan mudah dikunjungi.


Image: https://2.bp.blogspot.com

Selain patungnya yang besaaaar banget, patung ini dibilang unik karena posisinya duduk bersila di atas batu dengan salah satu tangannya yang nunjuk ke arah tertentu. Patung ini terletak di dusun Nigasan, desa Salam, kecamatan Karangpandan. Nggak susah lho nemuin patung ini karena ada di pinggir jalan raya Solo-Tawangmangu.

Nggak cuma rame di siang hari, patung ini juga rame dikunjungi malam hari lho, apalagi kalau cuaca cerah, banyak banget bintang-bintang bertaburan.

3. Tugu Kopiah Emas, Lampung Tengah

Katanya nih Guys, belum afdol kalau ke Lampung tapi nggak foto-foto di Tugu Kopiah Emas ini. Ya gimana belum afdol, bentuknya ikonik dan paling menonjol dibanding patung-patung yang lain.


Image: https://ekaramadhani02.files.wordpress.com

Tugu ini terletak di Taman Budaya Lampung Tengah, di pinggir jalan lintas Sumatera di kota Sugih, kabupaten Lampung Tengah. Lokasinya berdampingan sama Tugu Pengantin, yaitu patung sepasang pengantin yang memakai baju tradisional Lampung.


Image: http://1.bp.blogspot.com

Tujuan awal pembangunan tugu ini buat mempercantik kota tapi karena bentuknya cantik, maka dibukalah buat wisata rekreasi. Tugu yang tingginya 111 meter dengan diameter 3 meter

ini melambangkan tutup kepala adat masyarakat Lampung, tersusun dari 442 buah batu paras yang diangkut pakai tiga truk dari Muntilan. Lho kok dari Muntilan, min? Soalnya arsitek tugu ini adalah seniman dari Muntilan, Magelang!

4. Patung Kran Melayang, Pati

Nah kalau ini bisa dibilang ajaib nih, Pop Patriotics. Belum pernah ‘kan liat kran melayang apalagi krannya besar banget? Kalau Pop Patriocs lagi berkunjung ke Kabupaten Pati, bisa liat! Di pinggir jalan raya ada sebuah taman mini yang punya patung kran air yang melayang. Nggak heran banyak yang berhenti berkendara dan foto-foto di ikon baru kota manggis ini.


Image: http://www.koranmuria.com


Image: https://4.bp.blogspot.com

5. Tugu Jempol, Tangerang

Patung unik ini sempet nimbulin kontroversi, Guys. Tapi walaupun kontroversi juga banyak aja tuh yang foto-foto di patung jempol ukuran raksasa yang dibangun di Jalan MH Thamrin, tepatnya di depan lapangan PT Agropantes, Kebon Nanas.


Image: https://www.kabar6.com

Ternyata eh ternyata, patung ini merupakan simbol dari deklarasi 1000 kepala sekolah se-Kota Tangerang pas Festival Tangerang Bersih. Deklarasi dan pembuatan patung tersebut tujuannya buat nunjukkin komitmen membangun sekolah-sekolah bersih di Tangerang, terutama dalam mengelola sampah. Hmm... Jadi mungkin bentuknya jempol buat, “Well, good job, Guys! *like*” Gitu kali yaaa...


Itu tadi Guys asal-usul lima ikon unik yang ada di Indonesia! Unik-unik ‘kaaan...

SHARE & COMMENT