damniloveindonesia

Ke Museum MACAN Yuk! Museum Seni Kontemporer Pertama di Indonesia!


07 Nov 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia

 

Kalau Pop Patriotics sering lewat Jalan Panjang, di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pasti pernah liat juga dong Wisma AKR atau AKR Tower? Nah, coba deh masuk ke sana dan ke lantai MM atau lantai 5-nya. Pasti Pop Patriotics langsung disambut sama desain dan interior yang kekinian. Yup, di sanalah letak Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara alias Museum MACAN!


Image: https://www.thenational.ae

Museum ini baru dibuka untuk umum pada Sabtu, 4 November kemarin. Di museum yang berukuran 4000 meter persegi ini, Pop Patriotics bisa menikmati 90 karya seniman Indonesia dan internasional dari koleksi museum. 

Karya-karya yang ditampilkan di museum ini mengeksplorasi sejarah seni Indonesia dengan dunia dalam kurun waktu 178 tahun lho, Pop Patriotics! Pameran ini dikemas dalam tema: ‘Seni berubah, dunia berubah’, sebuah dialog jangka panjang antara sejarah seni Indonesia dengan sejarah seni global.

Pameran ini dibagi dalam empat babak seni Indonesia: era sebelum kemerdekaan Indonesia, setelah kemerdekaan, transisi, dan globalisasi.

Di babak pertama, era sebelum kemerdekaan diberi judul ‘Bumi, Kampung Halaman, dan Manusia’. Koleksi ini mulai dari abad ke-19 sampai awal abad ke-20, dari seniman-seniman asal Eropa dan Asia Tenggara, dimana para seniman ini banyak ngegambarin kondisi Indonesia yang ideal karena banyak terpengaruh penjajah.

Kalau di babak kedua, era kemerdekaan dan setelahnya, para seniman beralih dengan menampilkan tema-tema nasionalisme yang bertujuan ngasih dukungan moral buat masyarakat.

Nah setelah kemerdekaan, Pop Patriotics bakal dibawa ke babak ‘Pergulatan Seputar Bentuk dan Isi’, dimana seniman Indonesia dianggep masih mencari identitas artistik. Di era ini seniman-seniman banyak ngasih nilai universal, eksperimental, dan kemasyarakatan. 

Di babak ke empat, seni Indonesia banyak dipengaruhi sama era globalisasi. Terlepas dari Orde Baru, seniman-seniman bebas berekspresi dan melahirkan seni kontemporer yang beragam. Kebebasannya bisa terlihat dari karya-karya mereka yang tercipta dalam ukuran besar.

Museum MACAN ini tentu menarik banget, Pop Patriotics. Selain Pop Patriotics bisa flashback ke sejarah seni Indonesia dulu, Pop Patriotics juga bisa foto-foto karena tempat ini super instagrammable! Nggak kalah sama museum kontemporer yang ada di luar negeri. Cocok dikunjungi di akhir pekan!


Image: https://cdn4.i-scmp.com

Buat tiket masuk, sebesar Rp 50ribu buat orang dewasa, Rp 40ribu untuk pelajar, dan Rp 30ribu buat anak-anak. Kalau operational hours-nya mulai dari jam 10 pagi sampai 7 malam, buka dari hari Selasa sampai Minggu dan hari Senin tutup ya, Guys!

SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Patch D! Re...
IDR IDR 220.000
Sticker Petruk Semar Blac...
IDR IDR 30.000
Hoodie Damn! Signature Ma...
IDR IDR 349.000
Hoodie Female D! Mesh Mis...
IDR IDR 349.000


COMMENT


Daftar 10 Pulau Terbaik di Dunia Udah Rilis! Hmm Pulau di Indonesia Masuk Nggak Ya? ❮ Prev Article
Bali di Negeri Tirai Bambu Next Article ❯
RELATED POST