Mengenal Lebih Dekat Surabaya Kota Multi Juluk

05 Jun 2018

 

Surabaya sempat menghiasi headline di berbagai media karena beberapa serangan teror yang terjadi pada Mei lalu. Bagi sebagian orang, Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan, bagi sebagian lain lagi Surabaya adalah kota nomor dua terbesar se-Indonesia. Bagi kamu gimana? Kenalan lebih dalam dengan kota para pejuang ini yuk

1.       Kota Pahlawan

Siapa yang nggak tau kalau ibukota provinsi Jawa Timur ini dijuluki kota pahlawan? Bahkan julukan ini diberikan langsung oleh presiden pertama kita Bung Karno lho Pop Patriotics! Bung Karno memberikan apresiasi ini atas semangat juang para arek-arek Suroboyo yang berhasil memberantas para penjajah pada zaman itu.

sumber: Instagram/surabaya

2.       Kota Metropolitan

Kalau julukan ini diberikan kepada Surabaya karena memang luasnya hampir meliputi Jabodetabek. Selain itu berbagai fasilitas penunjang seperti transportasi, sarana belanja dan pendidikan membuat Surabaya pantas mendapatkan julukan ini. Bahkan Surabaya pernah dilarang untuk ikut kompetisi penilaian kerja pemerintah daerah dari Kementerian Pekerjaan Umum karena perkembangan pembangunan Surabaya begitu pesat! Wow, sebuah prestasi yang patut dicontoh banget nih sama kota-kota lain.

sumber: instagram/foto_wedding_surabaya

3.       Kota Sejarah

Sebagai salah satu kota yang memiliki jasa besar dalam melawan penjajah pada masa kemerdekaan, Surabaya pasti punya banyak sejarah yang bisa banget jadi bahan pelajaran untuk kita. Sejarah ini bisa kita liat dari berbagai museum yang ada di kota ini. Mulai dari Museum Bambu Runcing, Museum Sepuluh November, Museum W.R Soepratman. House of Sampoerna dan Museum Surabaya sendiri. 

sumber: instagram/surabaya

4.       Kota Sejuta Taman

Keberhasilan Walikota Tri Rismaharini jadi salah satu hal yang membuat Surabaya mendapatkan julukan ini. Hal ini bisa dilihat dari sudah nggak adanya lahan-lahan kosong di sudut-sudut kota. Semua lahan tersebut digunakan sebagai taman. Taman-taman yang ada lumayan instagramable lho Pop Patriotics! mulai dari taman Flora, Taman Balaikota, Taman Mpu Tantular, Taman Bungkul dan beberapa lainnya. Ada fakta menarik nih, ternyata Taman Bungkul jadi taman Terbaik se-Asia lho!

sumber: instagram/surabaya

5.       Kota Budi Pamarinda

Ada dua kata yang bisa merangkum seluruh julukan untuk Surabaya, yaitu Budi Pamarinda yang berasal dari kata budaya, pendidikan, pariwisata, maritim, industri dan perdagangan. Kenapa Surabaya mendapat julukan ini? Karena Surabaya jadi kota yang memiliki Budi Pamarinda terbaik se-Indonesia.

sumber: instagram/ihksanroy

Nah, udah tau kan julukan-julukan dari kota Surabaya? Fasilitasnya nggak kalah sama Jakarta, sejarahnya banyak sebagai tempat belajar, tamannya bisa banget sebagai tempat bersantai untuk kamu yang bosan dengan riuh kota, pas banget deh sebagai destinasi tujuan wisata kamu lebaran nanti J

SHARE & COMMENT