damniloveindonesia

Kenalan dengan Kampung Bebas Rokok Pertama di Jakarta Ini Yuk


05 Jun 2018

Posted By Damn! I Love Indonesia

 

Polusi dan asap rokok sudah jadi “makanan sehari-hari” warga ibukota. Apalagi untuk mereka yang menggunakan transportasi umum dan bekerja di lapangan. Tapi di kampung ini, udara bersih bebas rokok ternyata masih bisa kamu temukan! Dimana? Simak terus di sini ya.

Kampung Penas di Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur ini awalnya merupakan kampung warna-warni Pop Patriotics!. Berbagai rumah yang kumuh diperbaiki pelan-pelan sejak 2017 lalu. Baru kemudian mulai dibuat gagasan untuk jadi kampung bebas rokok.

sumber: instagram/penastanggulktr

Perubahan kebiasaan dari merokok dimana-mana jadi ditempat tertentu ini tentunya nggak mudah lho, karena dalam praktiknya pasti nggak bisa langsung semua berhenti merokok.

Tapi ketua Karang Taruna Kampung Penas, seperti Damn! kutip dari Kompas.com yakin kalau gagasan ini pasti akan berhasil. Niat mulia ini diawali dengan larangan merokok di dalam dan pekarangan rumah, barulah bertahap dilakukan larangan merokok di tempat umum di daerah kampung.

Gagasan pelarangan merokok ini dilakukan supaya kampung ini jadi ramah anak dan ramah perempuan. Karena tau nggak sih kalau ternyata perokok pasif yang menghirup asap rokok itu mendapatkan dampak yang lebih besar lho! apalagi kalau anak-anak atau perempuan yang menghisap asap rokok ini. Wah, dampaknya jadi berkali lipat.

sumber: detik.com

Gagasan kampung tanpa rokok ini gagasan yang bagus untuk memperbaiki mutu udara di Jakarta. Mulai dari kampung dulu, lalu satu kecamatan, kabupaten, lalu satu provinsi deh J

Oiya, ternyata ide kampung tanpa rokok ini sudah lebih dulu dilakukan di Desa Bone-Bone, Sulawesi Selatan! Bahkan desa ini jadi yang pertama di dunia sebagai wilayah tempat tinggal bebas rokok. Wah, salut deh dengan pencapaian ini.

Nah, sudah ada efek domino nih yang terjadi dari adanya wilayah kampun dan desa bebas rokok. Mungkin nggak ya sekitar 20-30 tahun lagi Indonesia bisa bebas rokok? Hm, ide yang menarik sih mengingat Indonesia kan salah satu negara penghasil tembakau terbesar di dunia per-2016.

Tapi nggak ada yang nggak mungkin kan asal kita semua berusaha. Yuk, wujudkan negeri ini bebas rokok di tahun-tahun mendatang! 

SHOP THE PRODUCTS
Sticker Signature Purple ...
IDR IDR 35.000
Sticker Signature Mini Ye...
IDR IDR 35.000
Tee Signature Classic Mis...
IDR IDR 230.000
Tee Signature Japan Black...
IDR IDR 230.000


COMMENT


Mengenal Lebih Dekat Surabaya Kota Multi Juluk ❮ Prev Article
Para Peselancar Yuk Liburan Ke Sini! Next Article ❯
RELATED POST