damniloveindonesia

Wow! Desa di Sulawesi Ini Jadi Desa Pertama Dunia Tanpa Asap Rokok


12 Jun 2018

Posted By Damn! I Love Indonesia

 

Mau liburan tentram damai tanpa asap rokok dan polusi di Indonesia? Bone-Bone di Sulawesi Selatan tempatnya.

Desa yang sudah menerapkan pelarangan merokok sejak tahun 2000 ini bahkan punya julukan sebagai tempat pertama di dunia yang memberlakukan pelarangan ini lho Pop Patriotics!

Pertama kali kamu menginjakkan kaki ke sini, akan langsung terasa deh larangan untuk merokok karena kamu akan disambut dengan gerbang yang bertuliskan “ Anda memasuki kawasan dilarang merokok, mengonsumsi minuman keras dan napza (narkotika, psikotropika dan zat-zat lainnya)” tuh, tegas banget kan larangannya?

Awal mula adanya larangan ini karena kepala Desa Bone-Bone pada saat itu (2000) Muhammad Idris, prihatin dengan anak muda desa usia SD dan SMP yang merokok. Padahal mereka belum mengerti bahaya rokok. Dengan adanya larangan ini, anak-anak jadi nggak bisa merokok dan orang dewasa pun berhenti.

Desa Bone-Bone jadi terkenal sampai ke luar negeri karena peraturan bebas rokok yang mereka buat. Dengan namanya yang semakin dikenal di mancanegara, banyak turis yang datang langsung ingin merasakan sensasi daerah tanpa asap rokok. Selain itu, banyak juga peneliti yang ingin melakukan penelitian terhadap fenomena ini.

Oiya,untuk mereka yang melanggar peraturan ini ada sanksi sosialnya lho ternyata. Mereka harus membersihkan masjid atau memperbaiki jalanan. Wah, berat juga ya sanksinya kalau hanya seorang yang merokok.

Dengan adanya peraturan ini warga desa sudah benar-benar berhenti merokok 100%. Selain itu, mereka juga merasakan dampak positif dengan berhenti merokok. Mereka jadi lebih kuat bekerja dari pagi dan nggak mudah capek.

Nah, gimana? Mau liburan ke Bone supaya paru-parumu sehat? 

SHOP THE PRODUCTS
Cap Sign Nude/Pink/Light ...
IDR IDR 170.000
Tee Signature Korea Black...
IDR IDR 230.000
Tee Male Team Indonesia W...
IDR IDR 250.000
Tee Classic White/Black M...
IDR IDR 230.000


COMMENT


Para Peselancar Yuk Liburan Ke Sini! ❮ Prev Article
Kemegahan Puncak Jaya, Gunung Tertinggi di Indonesia Next Article ❯
RELATED POST