streatwear indonesia

Kemegahan Puncak Jaya, Gunung Tertinggi di Indonesia

23 Jan 2019

 

Gunung ini hampir 5 kilometer sendiri ketinggiannya loh! 

puncak-jaya

Foto oleh Kricom


Pop Patriotics yang suka hiking mana suaranyaaa? Kalo kamu suka hiking, pernah coba memanjat gunung nggak? Atau mungkin diantara pop patriotics disini ada yang pernah memanjat gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya? Kalau ada bisa coba langsung kirim di kolom komentar tentang pengalaman seru kamu yaa!


Puncak Jaya terletak di provinsi Papua dan menjadi bagian dari Barisan Sudirman. Puncak Jaya berdiri dengan tinggi sekitar 4.884 meter. Hampir 5 kilometer sendiri ketinggiannya! Bayangin aja kalau kamu jalan di dataran lurus horizontal dengan kecepatan normal, itu akan makan waktu satu jam. Sekarang bayangin kalau kamu harus mendaki gunung dan mungkin melewati lembah! Mungkin kamu juga bisa melihat sungai mengalir indah ke samudera. Sangat disarankan untuk pergi bersama teman bertualang.


Gunung ini juga dikenal dengan nama lain, antara lain Carstensz Pyramid atau Gunung Carstensz. Kenapa namanya begitu? Karena di jaman dahulu kala, di sekitar tahun 1623 seorang dari Belanda (dia penjelajah, bukan penjajah) bernama Jan Carstenszoon melihat gletser di puncak gunung itu. Mungkin menarik juga untuk kalian ketahui kalau di sekitaran puncak itu sudah dihuni sejak dulu kala, sebelum kita ada kontak dengan bangsa Eropa, dan di waktu itu, namanya dikenal sebagai Nemangkawi dalam bahasa Amungkal. Selain itu, Puncak Jaya juga dikenal dengan nama Gunung Soekarno.


puncak-jaya
Foto oleh indolah

Pendakian Puncak Jaya ini berlangsung secara bertahap. Awalnya, di tahun 1909, Hendrikus Albertus Lorentz yang berasal dari Belanda membawa enam orang suku Kenyah (mereka termasuk suku Dayak di daerah Baram, Sarawak.) untuk mendaki gletser (bagian yang bersalju) Puncak Jaya ini. 

Tahap kedua adalah ekspedisi Carstensz yang terjadi di tahun 1936, sekali lagi oleh Belanda. Namun sayangnya, mereka tidak berhasil menetapkan secara pasti diantara ketiga puncak yang ada yang manakah puncak tertingginya.

Akhirnya, di tahun 1962, Puncak Jaya berhasil didaki oleh pendaki gunung yang berasal dari Austria, Heinrich Harrer, Philip Temple yang berasal dari Selandia Baru, Russell Kippax dari Australia, dan Albertus Huizenga dari Belanda. 

Ketika Indonesia mengambil alih provinsi Papua Barat dari Belanda setahun setelahnya, di tahun 1963, puncak itu diberi nama “Puncak Soekarno”, yang akhirnya menjadi nama yang kita kenal sekarang, yaitu “Puncak Jaya”. Meskipun begitu, nama Carstensz Pyramid masih menjadi nama yang familiar diantara komunitas pendaki gunung.

Bagaimana dengan kamu, apa kamu berani mencoba mendaki Puncak Jaya ini? Tapi tidak semudah itu, kamu bakal butuh ijin. Dari ijin mendaki hingga ijin melewati kawasan Freeport, belum lagi ditambah dengan biaya transportasi menuju Papua sendiri yang pastinya tidak murah. Tentunya membutuhkan effort tersendiri untuk dapat mendaki Puncak Jaya ini. Tapi jika memang itu impian pop patriotics atau mungkin menjadi salah satu goals di tahun 2019 ini, jangan menyerah! Dimana ada keinginan, pasti ada cara!

SHARE & COMMENT