streatwear indonesia

Wow, Ada Calon Maldives di Belitung!

06 Sep 2016

 

Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol, suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna di Samudra Hindia. Maladewa berada di sebelah selatan-barat daya India, kira-kira 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Kepulauan ini jadi salah satu destinasi bahari terbesar di dunia karena laut yang tenang dan bening layaknya cermin. Nggak disangka, Pop Patriotics juga bisa menemukan Maldives di tanah air. Dimana tuh?

image: http://www.telegraph.co.uk

Jawabannya… BelitungYup, sejak bulan Oktober 2015 lalu, Menteri Pariwisata Arief Yahya udah mengungkapkan bahwa pariwisata Belitung bakal dikembangkan layaknya Maladewa lengkap sama keindahan pantai, laguna biru, dan pemandangan bawah laut. Hal tersebut dibuktikan dengan meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan resort (Kapitein House) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang  yang berlokasi di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, beberapa waktu lalu.

image: http://1.bp.blogspot.com

Rencana ini bukan wacana semata lho, Guys. Saat ini lahan seluas 432 hektar tersebut lagi dalam proses pembangunan landasan pacu bandara, pembangunan instalasi air bersih, listrik, dan perluasan jalan. Nggak heran kalau proyek ini ngabisin anggaran sampai Rp 20 triliun. Dalam sambutannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya, seperti dilansir kek.ekon.go.id, menyatakan bahwa pembangunan KEK Tanjung Kelayang ini sangat cepat terealisasi berkat kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan Pemerintah Kabupaten Belitung. “Tanjung Kelayang ini the first and the fastest KEK karena dalam waktu lima bulan telah groundbreaking,” ujar Arief.

image: http://www.babelprov.go.id

Berita baik lainnya, Arief Yahya juga menyatakan bahwa tahun ini, Bandara H.A.S Hanandjoeddin Belitung bakal mengoperasionalkan bandara internasional dengan direct flight. Pengembangan bandara internasional ini awalnya direncanain tahun 2018, tapi dimajuin biar mencapai target 500 ribu wisatawan pada tahun 2019. Nilai tersebut artinya diakumulasikan mampu ngedatengin devisa sebesar U$ 600 juta atau setara Rp 10 triliun yang diharapkan dari pariwisata buat ningkatin kesejahteraan di Belitung.

image: http://kek.ekon.go.id

Pembangunan KEK di atas lahan seluas 324,4 Ha ini rencananya untuk ngembangin konsep pariwisata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Jadi Belitung juga diwacanakan menjadi Bali kedua di Indonesia.

image: http://media.galamedianews.com

Tahap pertama, pengusul bakal melakukan pembangunan lahan seluas 35,9 Ha yang terdiri dari pembangunan Kapitein House, Kota Sirna Majapahit, infrastruktur berupa akses masuk, air, listrik, dan persiapan alokasi lahan untuk residensi yang dikerjasamakan bareng investor. Pada tahap selanjutnya bakal dibangun beberapa fasilitas pariwisata yang semuanya bertaraf internasional. Seperti lake residentialequestrian resort villas, perkebunan organik, homestaybeach resort, dan area komersial berupa waste treatment plantsolar farm, dan kantor pengelola kawasan. Aduh… Jadi nggak sabar, ya!

image : www.wowkeren.com
SHARE & COMMENT