Warning: getimagesize(https://damniloveindonesia.com/image/catalog/globalUpload/opening_museum_wayang_resizenew.jpg): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 404 Not Found in C:\Inetpub\vhosts\damniloveindonesia.com\httpdocs\catalog\view\theme\default\template\common\header.tpl on line 289
damniloveindonesia
Warning: getimagesize(./image/catalog/globalUpload/opening_jantungeropa_resize.jpg): failed to open stream: No such file or directory in C:\Inetpub\vhosts\damniloveindonesia.com\httpdocs\catalog\view\theme\default\template\pages\inc_explore_detail.tpl on line 179

#DamnJalanJalan Ke Museum Wayang Yuk


03 Oct 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Sebagai warga negara Indonesia yang katanya nasionalis, masa sih nggak tau wayang Indonesia? Nah, seenggaknya, boleh lho masukkin Museum Wayang ke list tempat wisata Pop Patriotics. Museum yang terletak di Kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27 Jakarta Barat ini nyimpen berbagai koleksi boneka dan wayang yang nggak cuma dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri.

image: https://www.pegipegi.com

Gedung yang tampak unik di bagian depannya ini ternyata punya sejarah yang lumayan panjang dan beberapa kali ngalamin perubahan fungsi, lho. Awalnya, gedung ini dibangun tahun 1640 dan dipakai buat gedung gereja dengan nama De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda.

image: https://upload.wikimedia.org

Tahun 1732, gedung ini direnovasi dan ganti lagi namanya jadi De Nieuwe Hollandse Kerk atau Gereja Baru Belanda. Tahun 1808 gedung ini hancur akibat gempa bumi yang melanda Batavia waktu itu. Nah di atas tanah bekas reruntuhan inilah dibangun gedung Museum Wayang dan diresmiin di tahun 1975 tepatnya tanggal 13 Agustus. Kalau Pop Patriotics masuk ke dalam museum ini, masih kelihatan beberapa bagian gereja lama dan baru.

image: http://www.jakarta-tourism.go.id/

Sampai saat ini Museum Wayang punya koleksi dengan lebih dari 4.000 buah wayang dan boneka dari berbagai jenis dan macam. Jenis wayang yang dipamerin mulai dari wayang golek sampai wayang kulit, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, dan wayang beber. Selain wayang, museum ini juga mamerin koleksi gamelan, topeng, dan beberapa boneka lain dari beberapa negara, kayak Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India, dan Kolombia.

image: Image: https://www.indoindians.com

Secara rutin, di Museum Wayang ini juga suka diselenggarakan pagelaran wayang tiap bulannya di minggu ke dua dan minggu ketiga. Pada tanggal 7 November 2003, PBB ngeluarin keputusan yang mengakui wayang Indonesia sebagai warisan dunia yang patut dilestarikan.



Diolah dari berbagai sumber

SHOP THE PRODUCTS
Tee Male Slank Song White...
IDR IDR 275.000
Sticker Sign Damn! Red La...
IDR IDR 35.000
Tee Female Jakarta Nightv...
IDR IDR 265.000
Sticker Signature Dark Gr...
IDR IDR 35.000


COMMENT


Ada Indonesia di Eropa ❮ Prev Article
Hujan Bukan Alasan Batal Liburan Next Article ❯
RELATED POST