Siap Menyambut Tahun Baru di 5 Tempat Menawan Ini!

30 Dec 2015

 

Ada yang bilang resolusi tahun baru hanya bertahan di tiga bulan pertama saja, selanjutnya balik lagi deh ke kebiasaan sebelumnya. Apa rencana tahun baru kamu, Pop Patriotics? Berkumpul dengan keluarga, jalan bareng teman atau pergi ke sebuah tempat untuk merenung?

Detik-detik menjelang tahun baru nggak hanya sering dijadikan sebagai waktu untuk liburan tetapi juga moment refleksi diri. Berikut adalah tempat-tempat yang cocok untuk menghabiskan libur tahun baru. Tempat yang "nggak biasa" bisa jadi lokasi yang sesuai untuk refleksi diri nih!

1. Wakatobi

Bosan merayakan tahun baru di darat, gimana kalau "merayakannya" di bawah laut? Buat Pop Patriotics yang hobi snorkeling ataupun diving, Wakatobi surga banget dah! Biota laut, terumbu karang dan pemandangan bawah lautnya susah untuk dilupakan. Kamera secanggih apapun nggak bisa merekam sempurnanya pemandangan serba “biru” ini.


image: @Sulhamidzic

image: @Sulhamidzic

Kepulauan yang berlokasi di Sulawesi Tenggara ini memang impian setiap penikmat laut. Bahkan mendapat sebutan “jantung segitiga karang dunia” dan katanya sih kalau menyelam di Wakatobi kita sudah sukses melihat ¾ terumbu karang di dunia.


image: @Sulhamidzic 


2. Dieng

Pastinya Pop Patriotics sering mendengar Dieng, dataran tinggi yang nggak jauh dari Jogja ini tempat yang cocok untuk kamu mengademkan pikiran dan membuang kegalauan selama setahun ini hehehe. Bosan ke Jogja, apalagi Jogja biasanya padat dan rame, Dieng bisa jadi alternatif nih! 

Actually, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini. Trekking sederhana di Bukit Sikunir dan menyaksikan pemandangan indah dari ketinggian 2.263 mdpl, berburu sunrise? Bisa dilakukan di sini. Biar makin kekinian, kamu bisa menulis resolusimu di kertas terus selfie dan dipajang di sosmed biar sekaligus jadi pengingat biar nggak mangkir.


image: @Sulhamidzic



Oh, ya dari Sikunir bisa kelihatan hamparan awan dan barisan gunung seputaran Jawa Tengah seperti Sindoro, Sumbing, Merbabu dan Merapi. Pemandangan bersahaja seperti di bawah ini juga akan jadi “teman” saat menuruni Sikunir.

image: @Sulhamidzic

Kemudian menikmati suasana pedesaan di Wonosobo, berinteraksi dengan penduduk, mencicipi kentang goreng  yang menjadi produk lokal penduduk setempat dan kalau punya kesempatan once in your life time, Pop Patriotics mesti coba stay di penginapan yang berdekatan dengan Kompleks Candi Arjuna. 


3. Jogja

Melipir dari Dieng, Jogja adalah tempat favorit untuk menghabiskan malam tahun baru—tentunya kalau Pop Patriotics suka dengan keramaian. Karena memang Jogja ramainya ampun-ampunan. But once again, buat kamu yang mencari kemeriahan tahun baru namun tetap dapet atmosfer "beda", Jogja jawabnya.


Mulai dari Malioboro, Alun-alun Selatan, Alun-alun Utara, Tugu Jogja dan public area lainnya. Menikmati keseruan mengitari kota Jogja menaiki becak asyik juga nih dilakukan. Lelah melihat keramaian jangan lupa nongkrong di angkringan sembari menyesap teh tubruk atau kopi joss. 


Jika bosan dengan aktivitas yang biasa, ada pilihan kegiatan nyeni yang bisa kamu coba lakukan. Misalnya melewatkan malam tahun baru dengan komunitas-komunitas yang ada di sana. Salah satunya komunitas Jual Buku Sastra yang ngadain event tahun baruan bareng mulai dari 30 Desember 2015 – 3 Januari 2016.

Ada banyak acara seru mulai dari bazar buku yang jarang kamu temui di toko buku umum, diskusi buku, pembacaan karya sastra, jumpa penulis Agus Noor sekaligus launching bukunya Memorabilia & Melankolia dan lain-lain. Acaranya nih di Kedai JBS Jalan Wijilan Gang Semangat No 150. Lumayanlah refreshing dan mengisi ilmu lewat diskusi-diskusi bermutu. Siapa tahu kamu dapat pencerahan untuk melangkah di tahun baru nanti hehehe.
image: doc. Jual Buku Sastra

4. Samosir
Nggak seperti bulan-bulan lainnya, menjelang tahun baru Samosir benar-benar “hidup” dan suasananya sebagai daerah wisata berasa banget! That’s why, tempat ini recommended banget. Agak malu ih belum ke Danau Toba, secara menurut sejarah moment Gunung Toba meledak  mengubah permusiman dunia, pemicu zaman es dan kematian massal 60% penduduk bumi. Eits…jangan langsung horor begitu, seperti pepatah yang bilang selalu ada hikmah dibalik peristiwa nggak enak, efek meledaknya Gunung Toba menyisakan panorama buatan alam yaitu Danau Toba dan Pulau Samosir. Ada beberapa titik untuk melihat keindahan Danau Toba yang awesome tersebut; Peabang, Tongging dan Tele.


image: View dari Tongging (duniamelancong.com)

image: View dari Tele (duniamelancong.com)

Selain ke-amazing-an Danau Toba dan Pulau Samosir, kamu juga bisa mengulik kebudayaan penduduk setempat, merasakan sensasi menginap di penginapan yang mirip rumah adat Batak juga jadi pengalaman seru nih!

5. Kupang
Pawai, karnaval dan kemeriahan yang nggak ada habis-habisnya akan kamu rasakan saat merayakan tahun baru di Kupang. Suasana liburan memang berasa banget di Kupang Desember - Januari. Sebenarnya nggak hanya alasan momentum perayaan tahun baru saja, Kupang juga lokasi yang maknyuus untuk berlibur. Pantai-pantainya yang segar dan perawan, cerah ceria membuat kamu rileks terus-menerus.





Wisata kulinernya juga jempolan terutama sea food-nya. Salah satu tempat yang asyik untuk nongkrong sambil menyantap hidangan laut adalah Pasar Solor. Sambil makan kamu juga bisa melihat kehidupan penduduk lokal, berbaur dan siapa tahu ketemu jodoh #eeh…. 



Apalagi yang paling menyenangkan dari Kupang? Buat para pemburu senja, langit Kupang dan matahari terbenam adalah sesuatu yang wajib untuk dilihat. Bagaimana cahaya oranye dari matahari melukis langit biru. Ah, such a romantic place!
SHARE & COMMENT