damniloveindonesia

Mau Ngerayain Imlek di Indonesia? Ke Lima Destinasi Ini Aja!


19 Jan 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Indonesia sebagai “rumah” bagi banyak keturunan Suku Tionghoa pun nggak kalah semangatnya dalam menyambut Tahun Baru Imlek. Setiap tahunnya, perayaan meriah diselenggarakan di berbagai daerah. Nggak terkecuali tahun ini. Kalian pasti udah banyak nemuin ornamen-ornamen Imlek yang biasanya terpasang di daerah-daerah tertentu.

Image: http://3.bp.blogspot.com/

Nah, tahun ini juga jangan sampai ketinggalan kemeriahannya, ya. Berikut Damn! punya lima destinasi menarik buat merayakan Tahun Baru Imlek ataupun Cap Go Meh, perayaan 15 hari setelah Imlek. Kali aja bisa jadi inspirasi liburan kamu juga! Check ‘em out!

1. Jakarta

Buat yang tinggal atau lagi main-main ke Ibukota, bisa jalan-jalan ke Chinatown-nya Jakarta nih, yaitu kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Pusat. Di sini kalian bisa liat banyaknya lampion merah yang dijajakan atau sebagai hiasan di sepanjang jalan. Toko-toko juga muter lagu-lagu Mandarin yang khas menyambut Imlek. Meriah! Kalian juga bisa belanja manisan buah plum dan cokelat koin emas. Di Hari Raya Imlek, kalian ada penampilan Barongsai dan akrobat khas Tiongkok lainnya di jalanan atau dari rumah ke rumah.

Image: https://www.wego.co.id

Image: https://statik.tempo.co

Selain itu, Pop Patriotics juga bisa mengunjungi klenteng-klenteng, seperti Klenteng Kim Tek Le, klenteng tertua di Jakarta, Klenteng Jin De Yuan, dan Kelenteng Lie Tek Kwai.

Image: https://images.detik.com

Kalau ke sini, jangan ketinggalan juga wisata kuliner. Ada rujak Shanghai yang seger, atau kalian bisa nemuin masakan Cina peranakan di sepanjang Gang Gloria di Jalan Pancoran. Seruuu!

Image: http://www.memangbeda.net/

2. Palembang

Kira-kira enam kilometer dari Jembatan Ampera, ada Pulau Kemaro. Di sana terkenal sebagai destinasi yang memadukan tradisi lokal dan tradisi Tiongkok. Daya tarik pulau Kemaro ini ada Pagoda berlantai 9 dan klenteng yang udah ada dari duluuu banget. Namanya Klenteng Hok Tjing Rio atau dikenal juga Klenteng Kuan Im yang dibangun sejak 1962. Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro ini juga nggak kalah unik dan meriah.

Image: https://upload.wikimedia.org

Perayaan Imlek juga bisa ditemui di area Chinatown, yaitu di Dempo yang ada beragam pertunjukkan Barongsai, festival makanan, dan kompetisi fotografi juga masak!

3. Surakarta

Ada sebuah perayaan perpaduan dari masyarakat Tionghoa-Jawa di Surakarta yang dikenal dengan nama Grebeg Sudiro. Nah di Grebeg Sudiro ada tradisi rebutan juga. Dimana gunungan disusun dari ribuan kue keranjang, kue khas orang Tionghoa nyambut Imlek. Gunungan kemudian diarak ke sekitar Sudiroprajan yang dibarengin pawai kesenian Tionghoa dan Jawa. Ada BarongsaiReog Ponorogo, tarian tradisional, pakaian tradisional, adat keraton sampai kesenian kontemporer. Arak-arakan kemudian berhenti di depan Klenteng Tien Kok Sie di depan Pasar Gede.

Image: http://www.eventsolo.com/

Perayaan ini berakhir dengan dinyalain lentera atau lampion bentuk teko yang digantung di atas pintu gerbang Pasar Gede dan di tempat-tempat lain.

4. Semarang

Perayaan Imlek di Semarang populernya diadain di Pasar Semawis dan Klenteng Gedung Batu Sam Po Kong. Pasar Semawis adalah festival pasar malam tahunan yang isinya bazaar makanan dan atraksi seni. Kayak ada pertunjukkan Wayang Potehi (wayang dengan boneka Cina pakai sarung tangan), Gambang Semarang, BarongsaiWushu dan musik Tiongkok. Di sini Pop Patriotics bisa menikmati sajian peranakan, kayak Ifu Mie, Lontong Cap Go Meh, Swikee, dan Nasi Hainan.

Image: http://koran-sindo.com/

Sementara, kalau di Imlek, berkunjunglah ke Klenteng Sam Po Kong atau hari pertama Tahun Baru Imlek buat mengagumi indahnya lampion mereka dan ada pemandangan kertas-kertas merah yang tergantung, isinya doa-doa. Serta pertunjukkan wayang kulit yang tampil di halaman sore ke malam hari.

Image: http://www.jalansanasini.com/

5. Singkawang

Kalau Pop Patriotics ke kota 1.000 pagoda ini, Pop Patriotics wajib berkunjung ke stadion Kridasana yang berubah jadi taman bunga Mei Hwa dengan dekorasi lampion merah. Cantikkk banget! Nah kalau Pop Patriotics ke sana pas Cap Go Meh, Pop Patriotics bisa liat banyak fotografer yang mengabadikan ritual unik, Tatung. Atraksi ini merupakan ritual untuk mengusir roh jahat.

Image: http://cdn2.tstatic.net/

Buat pecinta kuliner, nggak usah khawatir. Kalian bisa ke Pasar Hongkong, pasar malam yang menawarkan beragam makanan peranakan lokal dan tradisional.

Image: http://www.getborneo.com/


Gimana, Guys? Menarik-menarik ‘kan? Kalau di daerah Pop Patriotics, gimana ngerayain Imlek? Share sama Damn! ya!

SHOP THE PRODUCTS
Band Signature DILI Grey/...
IDR IDR 35.000
Tee Signature I Love Sura...
IDR IDR 220.000
Tank Top Damn! Ribbon Whi...
IDR IDR 220.000
Band I Am Sexy Indo Red/W...
IDR IDR 35.000


COMMENT


Siap-Siap Liburan ke 7 Water Villa di Indonesia Yang Eksotis Ini! ❮ Prev Article
Mau Tau Spot Selfie Romantis di Bandung? Next Article ❯
RELATED POST