damniloveindonesia

Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara Ada di Purwakarta Lho!


21 Feb 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Nggak perlu jauh-jauh ke Singapur buat menyaksikan pertunjukkan air mancur yang fantastis. Cukup naik mobil dua jam dari Jakarta ke Purwakarta, Pop Patriotics bisa liat pertunjukkan air mancur yang nggak kalah ciamik.

Image: https://la-derra.co.id

Buat yang tinggal atau lagi melancong ke Purwakarta jangan lupa mampir ke salah satu destinasi wisata baru nih, Air Mancur Taman Sri Baduga yang jadi ikon pariwisata Purwakarta. Bahkan Menteri Pariwisata kita, Arief Yahya bilang ikon air mancur “berjoget” ini setara sama air mancur di Dubai Uni Emirat Arab dan Guangzhou, Tiongkok.

Image: http://cdn.klimg.com

Yup! Dibangun di kawasan Situ Beleud, Purwakarta ngenalin Air Mancur Sri Baduga yang diklaim sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara buat menarik kunjungan wisatawan. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi menjelaskan, air mancur ini punya banyak variasi gerakan, disesuain sama hentakan irama musik. Nggak cuma itu, sorot lampu warna-warni bikin tambah wow!

Bapak Bupati lagi gaya

Image: https://pbs.twimg.com

Atraksi air mancur rancangan Hery Sugihardi, putra asli Purwakarta ini keliatan elegan banget tapi nggak karena faktor estetika doang. Dibalik keindahan, kegemulaian, dan kemegahannya, air mancur ini nyimpen banyak filosofi nilai-nilai asli Indonesia lho, Guys. Misalnya dari segi pencahayaan, ada cahaya pelangi dengan lima warna dominan: biru, merah, kuning, hijau, dan ungu. Juga terpasang nosel (alat semburan air mancur) sebanyak dua ribu buah.

Image: http://www.travelwisatahemat.com

Perpaduan antara cahaya pelangi dan nosel ini menurut Hery, punya nilai filosofi ke-Indonesia-an yang kental, ngegambarin tentang keanekaragaman suku, ras, agama, dan budaya yang dibingkai dalam Bhineka Tunggal Ika dan Falsafah Pancasila. Itu semua ada dalam wadah persatuan Indonesia yang dilambangkan dengan bentuk situ tempat air mancur berjoget yang bentuknya buleud atau bulet.

Image: http://www.katakini.com

Buat Pop Patriotics yang tertarik dateng, bisa liat pertunjukkan air mancur di Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta yang dilengkapi sama pertunjukkan kesenian, drama tari, musik, sampai tarian kolosal yang digelar rutin setiap malam Minggu jam 19.30 WIB dan selesai jam 22.30 WIB. Gratis lagi! Tapi buat yang mau menikmati pemandangan air mancurnya aja bisa juga, karena taman wisata ini dibuka setiap hari. Air mancur tetep nyembur cuma ya nggak ada efek-efek tambahan.

Image: http://www.purwakartakab.go.id

Selain liat pertunjukkan air mancur, Pop Patriotics juga bisa mengunjungi museum digital diorama Bale Panyawangan Tatar Sunda yang jaraknya cuma 500 meter dari lokasi taman air mancur.

Image: https://usimages.detik.com

So, tunggu apa lagi Guys? Yuk ke sana! Bisa jadi spot yang instagrammable lho! Jangan lupa hashtag-nya yes #selfie #airmancur #tamansribaduga #visitpurwakarta

SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Jerman Blac...
IDR IDR 230.000
Pin Wayangan Gunungan Bro...
IDR IDR 25.000
Sticker Signature Mini Bl...
IDR IDR 30.000
Tee Sign White HD Turquoi...
IDR IDR 220.000


COMMENT


7 Indonesian Fine Dining Restaurant di Jakarta Buat Merayakan Valentine ❮ Prev Article
Uji Adrenalin Dengan 7 Wisata Ekstrem Yang Ada di Indonesia Ini Yuk! Next Article ❯
RELATED POST