Fenomena Equinox di Indonesia, Perlu Diwaspadai Nggak Ya?

20 Mar 2017

 

Pop Patriotics udah denger berita Equinox yang bakal terjadi di Indonesia nggak tanggal 21 Maret dan 23 September 2017 mendatang? Nah yang belum tau, nih Damn! kasihtau!


Image: https://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Baru-baru ini beredar kabar kalau Indonesia bakal mengalami suatu fenomena alam yang bernama equinox. Jadi equinox ini merupakan fenomena astronomi dimana matahari melintasi garis khatulistiwa dan secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September. Suhu udara pun diprediksi bakal meningkat, antara 32-40 derajat Celcius yang tertinggi. 

Banyak kabar beredar tentang dampak equinox ini. Ada yang takut kepanasan sampai sakit kepala sampai ada yang nggak mau keluar rumah. Kabar tersebut tentu bikin warga jadi makin khawatir, apalagi masyarakat Gorontalo yang deket sama garis khatulistiwa. Warga setempat juga khawatir sama isu ini, dimana suhu bakal meningkat tajam pas terjadinya equinox dan bisa mempengaruhi daya tahan tubuh.


Image: http://sp.beritasatu.com

Tapiiiii kalau menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat buat nggak usah khawatir sama isu yang ada karena equinox ini juga bukan merupakan fenomena kayak Heatwave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah, yang bisa menyebabkan peningkatan suhu udara secara besar dan tahan lama.

Meski begitu, bukan berarti nggak ada dampak sama sekali, Pop Patriotics. Apalagi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia lagi memasuki musim pancaroba. Jadi kita tetep harus waspada dan menjaga daya tahan tubuh biar nggak gampang sakit.

Berikut Damn! punya beberapa tip biar tubuh tetap prima saat terjadi fenomena equinox:

1. Memakai Tabir Surya

Sebelum beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan lotion kayak sunblock dan sunscreen. Pilih yang mengandung SPF, agar kulit wajah dan tubuh terlindung dari sinar UVA dan UVB.


Image: http://www.ledisia.com

2. Pakai Busana Yang Nyaman

Menghadapi cuaca yang terik dan panas, pakailah pakaian yang nyaman dan tentunya menyerap keringat. Jangan lupa juga pakai topi dan kacamata hitam buat melindungi wajah dan kepala dari teriknya sinar matahari.


Image: https://1.bp.blogspot.com

3. Konsumsi Buah Segar

Cuaca sedang terik, paling bagus mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air dan vitamin C, karena bisa membantu menjaga kesehatan dan tentunya kesegaran tubuh. Pop Patriotics bisa mengkonsumsi apel, semangka, melon, nanas, atau jeruk. Nyaaammm...


Image: http://1.bp.blogspot.com

4. Perbanyak Minum Air Putih

Cuaca panas bisa bikin kita haus, apalagi ditambah fenomena equinox ini yang bikin cuaca tambah terik. Pop Patriotics butuh banyak minum air putih biar nggak dehidrasi.


Image: http://assets.nakita.id

Nah itu tadi Guys informasi seputar fenomena equinox dan tip biar tubuh kalian prima, nggak cuma pas fenomena equinox tapi juga di cuaca pancaroba! Stay fit!

SHARE & COMMENT