streatwear indonesia

7 Fakta Menarik Seputar Equinox

21 Mar 2017

 

Baru aja kemarin Damn! bikinin artikel seputar apa sih fenomena equinox itu dan tip-tip biar Pop Patriotics stay fit dikala fenomena equinox ini hadir. Menurut Damn! ini penting sih, Pop Patriotics. Gimana nggak penting, kabarnya pas equinox ini suhu udara di Indonesia khususnya di daerah yang dilintasi garis khatulistiwa, bisa mencapai 32-36 derajat Celcius!


Image: http://cdn0-a.production.images.static6.com

Buat Pop Patriotics yang belum tau apa itu fenomena equinox, nih artikelnya di sini

Nah kalau udah tau tentang seputar equinox ini, ada lagi nih yang perlu Pop Patriotics ketahui, yaitu fakta-faktanya karena menarik sih! Apa aja? Ini dia tujuh faktanya :

1. Terjadi 2x Dalam Setahun

Fenomena equinox ini terjadi setiap dua kali dalam setahun. Kalau menurut prediksi akurat para astronom, terjadinya setiap tanggal 21 Maret dan 23 September. Tapi namanya prediksi, ada kemungkinan meleset, tapi mungkin beda di tanggal aja, kalau bulan sih pasti.

2. Istilah Berbeda

Fenomena ini punya istilah yang berbeda nih, Guys! Kalau di wilayah belahan Bumi utara bilang equinox yang terjadi di bulan Maret adalah Vermal (musim semi) Equinox, sedangkan di belahan Bumi selatan bilangnya Autumnal Equinox.

3. Penanda Awal Musim

Para astronom di belahan Bumi Utara menggunakan equinox yang terjadi di bulan Maret sebagai pertanda dimulainya musim semi. Sedangkan equinox yang terjadi di bulan September disebut sebagai hari pertama musim semi di belahan Bumi selatan.


Image: https://cdn.pixabay.com

4. Namanya Berasal Dari Bahasa Latin

Kalau ditelisik (cie ditelisik), kata equinox berasal dari dua kata latin, yaitu aequus yang berarti sama dan nox yang artinya malam.

5. Panjang Waktu Siang dan Malam Sama

Nah kalau berdasarkan namanya, yang kalau digabung berarti sama dan malam, menurut pengetahuan konvensional nih, Guys, pas equinox terjadi, di seluruh wilayah di Bumi bakal mengalami siang dan malam dengan panjang waktu yang sama, yaitu masing-masing 12 jam.

6. Best Time To See Aurora Borealis

Kalau Pop Patriotics berkesempatan ke belahan Bumi Utara, kayak daerah kutub, Pop Patriotics bisa liat keindahan Aurora Borealis. Itu lho, cahaya di utara yang berdansa di atas langit pas mereka muncul. Nah cahaya itu terjadi karena adanya koalisi antara partikel bermuatan listrik yang terpantul dari matahari dan partikel gas bumi di atmosfer bumi.


Image: http://en.nwpu.edu.cn

7. Perayaan Sejumlah Kebudayaan

Fenomena alam ini juga jadi kesempatan buat banyak kebudayaan di seluruh dunia ngerayain festival sebagai penanda equinox ini, Pop Patriotics! Kayak di equinox bulan Maret, masyarakat China melakukan tradisi menyeimbangkan telur, simbol kesuburan, biar mendapat peruntungan dan kesejahteraan.


Image: http://en.nwpu.edu.cn


Itu tadi Pop Patriotics, tujuh fakta menarik seputar equinox. Pop Patriotics tertarik sama yang nomor berapa nih?

SHARE & COMMENT