Paspor di Dunia Cuma Ada Empat Warna, Guys!

24 Mar 2017

 

Pop Patriotics yang doyan liburan pasti akrab deh sama benda satu ini: paspor. Yup, benda yang menjadi identitas diri kita ini emang penting banget apalagi buat mengunjungi negara lain. Nah, tapi kali ini Damn! nggak mau bahas isu paspor yang katanya kalo mau bikin mesti punya uang Rp 25 juta dulu (walaupun udah dicabut aturannya). Tapi Damn! mau bagi-bagi informasi nih, macam-macam warna paspor yang cuma ada empat di dunia. Apa aja dan alesannyaCheck ‘em out!


Image: http://assets.nova.id

1. Biru

Paspor berwarna biru merupakan paspor yang paling banyak digunakan di dunia. Katanya warna ini menyimbolkan, “New World Countries”. Paspor warna ini dipakai sama 77 negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, Kanada, Amerika Selatan (selain Meksiko), dan negara-negara Caricom (Caribbean Community and Common Market). Tapi nggak semua paspor di Amerika Serikat warna biru nih, Pop Patriotics. Ada warna hitam buat diplomat, cokelat buat militer, dan putih buat imigran.


Image: http://ganlob.com

2. Merah

Kalau paspor warna merah digunakan sama 69 negara. Konon dipercaya beberapa pihak sebagai simbol paham komunis terdahulu. Warga yang punya paspor merah ini antara lain Slovenia, China, Serbia, Rusia, Latvia, Rumania, Polandia, dan Georgia. Negara Uni Eropa (selain Kroasia) juga memakai paspor warna merah. 


Image: http://assets.intisari-online.com

3. Hijau

Ini nih warna paspor kita, Guys. Sebagian besar negara Muslim memakai paspor warna hijau. Termasuk Maroko, Arab Saudi, Pakistan. Warna hijau ini dianggep warna favorit Nabi Muhammad SAW dan merupakan simbol alam dan kehidupan. Beberapa negara di Afrika Barat juga pakai warna hijau untuk paspornya.


Image: https://cdn.brilio.net

4. Hitam

Bisa dibilang paspor hitam ini merupakan paspor yang langka. Cuma sedikit negara yang menggunakan paspor warna hitam dan rata-rata negara Afrika yang menggunakan warna ini. Negaranya antara lain, Burundi, Botswana, Zambia, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi, dan banyak lagi. Selain Afrika, warga Selandia Baru juga memakai paspor warna hitam, karena hitam adalah warna nasional Selandia Baru.

 

Image: https://i0.wp.com

Itu tadi Pop Patriotics. Warna-warna paspor yang diakui di dunia. Paling keren menurut kamu yang mana, Guys?

SHARE & COMMENT