damniloveindonesia
damniloveindonesia
Tersiram Air Keras, Apa Bahayanya?
11 Apr 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Pagi ini Damn! baca kabar yang cukup mengejutkan. Pasalnya, salah satu penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Novel Baswedan, dikabarkan disiram air keras setelah menunaikan Salat Subuh di masjid deket kediamannya, Selasa (11/4). Kasus ini menambah daftar panjang korban yang terkena siraman air keras dalam beberapa tahun belakangan ini di Indonesia.


Image: http://cdn2.tstatic.net

Apa itu air keras?

Sebelum membahas apa bahayanya, ada baiknya kita bahas dulu, sebenernya apa sih air keras itu? Jadi, menurut berbagai sumber, air keras merupakan larutan asam kuat yang cukup pekat. Kalau kulit terkena air keras, bakal timbul nyeri yang parah sampai bisa luka bakar!

Contoh penggunaan air keras biasanya asam sulfat yang buat aki, asam klorida yang buat ngebersihin permukaan logam sebelum disoldir, asam nitrat buat nguji logam mulia, dan asam fosfat yang buat bikin garam fosfat.


Image: https://res.cloudinary.com

Bahaya air keras

Air keras ini berbahaya banget, Pop Patriotics. Kayak asam klorida aja, mengandung 38% HCL yang biasanya buat industri zat warna, atau asam nitrat yang merupakan asam kuat dan bersifat pengoksida.

Nah, konsentrasinya yang tinggi itu deh, kalau air keras ini sampai kena kulit manusia, bisa bikin terbakar. Karena ya kalau terkena kulit bakal bereaksi menghasilkan panas.

Lebih bahaya lagi, nggak cuma bagian kulit luar aja yang rusak, tapi organ dalam juga kena dampaknya, Guys. Kayak penglihatan, pendengaran, dan kemampuan bicara dan lain-lain. Semua jenis air keras ini kalau kena kulit bisa menyebabkan luka bakar. Buat orang yang menghirupnya aja juga bisa mengalami kerusakan pada mata, usus, dan juga pernapasan.

Pertolongan

Buat pertolongan pertama yang pasti jangan panik. Lepaskan pakaian yang juga terkena air keras tersebut. Siram bagian kulit yang terkena air keras dengan air bersih yang mengalir, selama 10-15 menit. Air keras ini bisa bikin langsung terserap ke permukaan kulit dan bikin kulit dehidrasi, itulah yang bikin kulit terasa panas. Nah, air yang mengalir itu mampu mendinginkan jaringan di sekitar kulit. Tapi kalau kena mata, siram mata dengan air hangat selama 20 menit. Kalau sampai terhirup, segera pergi ke tempat dengan sirkulasi udara segar.

Jangan sampai keminum! Kalaupun sampe keminum dan masih sadar, langsung minum air putih sebanyak dua gelas. Pertolongan ini cuma meringankan luka sekunder ya, Guys. Pertolongan medis harus tetap dilakukan.

Itu tadi Guys penjelasan seputar air keras dan bahayanya. Duh... Semoga nggak ada lagi deh peristiwa kayak gini ya, Pop Patriotics...



COMMENT


Siapakah Hokage Ke-Delapan? ❮ Prev Article
YeAYe! Anak Bangsa Jadi Juara Kompetisi Robot di Amerika! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Red Medium
IDR IDR 30.000
Sticker Sign Damn! Grey H...
IDR IDR 30.000
Damn! Signature Korea Red...
IDR IDR 230.000
Sticker Sign Damn! Purple...
IDR IDR 35.000