streatwear indonesia

YeAYe! Anak Bangsa Jadi Juara Kompetisi Robot di Amerika!

17 Apr 2017

 

Kabar gembira untuk kita semua! Indonesia jadi juara umum di kontes robot tingkat internasional lho! Nggak tanggung-tanggung, kompetisi ini diadainnya di Trinity Collage, Amerika Serikat!


Image: http://img2.bisnis.com

Ajang yang diselenggarain pada tanggal 1-2 April 2017 ini diikuti sama tujuh negara. Indonesia pun nggak ketinggalan. Yang ikut berpartisipasi adalah Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 


Image: http://www.pens.ac.id

Nah di ajang Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) ini Indonesia jadi juara umum. Tim PENS meraih juara satu, dua, dan tiga dalam kategori robot pemadam api beroda. Nggak cuma itu, mereka juga jadi juara tiga di kategori robot pemadam api berkaki.

Dua tim dari UMM, yakni InaMuh meraih juara satu kategori robot pemadam api berkaki juga juara poster terbaik dan tim UnMuh jadi juara dua di kategori robot pemadam api berkaki.


Image: https://i2.wp.com

Padahal ya Guys, salah satu peserta yang ngewakilin UMM, Imam Fatoni, mahasiswa Program Studi Strata Satu (Prodi S-1) Elektro UMM dan selaku mekanik ini bilang kalau timnya sempet mengalami kendala dua jam sebelum pertandingan mulai, yaitu suhu yang berubah drastis dan bikin motor pompa bocor. Tapi mereka nemuin solusinya, dibersihinlah yang bocor tersebut dan pompa yang sempet rusak itu malah juara dua kategori robot berkaki!


Image: https://malangtoday.net

Wuahhh... Hebat banget ya Guys mereka! Karena kemenangan mereka ini, tiap-tiap anggota tim dibebasin dari tugas akhir dan sejumlah mata kuliah yang ekuivalen, kayak Robotika, Mekatronika, dan Micro Controller. Mereka juga bakal bebas biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan dapet insentif individu. Tapiiiii... Masing-masing tim tetep diminta buat ngembangin konsepnya dan ngerancang biar bisa sampe ke industrialisasi robot.

Semoga aja ya Guys Kemristekdikti kita lebih aware lagi sama prestasi-prestasi anak bangsa yang membanggakan kayak gini nih. Jadi biar ada alokasi dana buat kompetisi-kompetisi mahasiswa baik di tingkat nasional dan internasional. Karena Guys ini keren banget sih anak bangsa bisa juara di kompetisi robot tingkat internasional lho!!! Sekali lagi, selamat!

SHARE & COMMENT