Udah Pada Tau Belom Kalau Bahasa Indonesia Jadi Pelajaran Wajib di 5 Negara Ini?

08 May 2017

 

Dikala anak-anak zaman sekarang ngomong pake bahasa Inggris, suka caption pake bahasa Korea, ehhh di negara lain ternyata Bahasa Indonesia malah jadi mata pelajaran wajib. Nggak heran sih, Bahasa Indonesia ini punya keunggulan, lebih gampang dipelajari ketimbang bahasa populer di dunia lho, kayak Bahasa Inggris, Prancis, atau Jerman.

Mau tau lima negara mana aja yang memasukkan Bahasa Indonesia jadi mata pelajaran wajib? Cekidooottt!


Image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

1. Korea Selatan

Di Korea Selatan ada sebuah kampus riset yang cukup terkenal, yaitu Hankuk University of Foreign Studies, tepatnya di Seoul. Nah, Bahasa Indonesia masuk jadi mata kuliah di Departemen Malaysia-Indonesia dan Departemen Interprestasi dan Terjemahan Malaysia-Indonesia!


Image: http://builder.hufs.ac.kr

2. Ukraina

Dari Korea Selatan, kita ke Eropa yuk! Di Kiev, ada kampus tertua ketiga di Ukraina, yaitu Taras Shevchenko National University of Kyiv yang mengkhususkan pada karya literatur dan seni. Bahasa Indonesia sendiri merupakan program studi di Institute of Philology!


Image: http://educationbro.com

3. Jepang

Kalau di negeri sakura, ada Tokyo University of Foreign Studies yang emang kampus khusus buat belajar bahasa. Kampus ini termasuk lima besar kampus bahasa terbaik lho! Dan Bahasa Indonesia ada di program Kajian Asia Tenggara.


Image: https://media.lonelyplanet.com

4. Hongaria

Nah kalau di Hongaria, ada kelas Bahasa Indonesia sebagai salah satu kursus bahasa yang dipilih oleh mahasiswa buat nyelesain studinya, yaitu di Budapest Business School (BBS), University of Applied Science. Jadi di BBS ini ngewajibin mahasiswanya buat menguasai dua bahasa asing buat jadi sarjana dan tiga bahasa asing buat S2 sebagai syarat kelulusan dan membantu nyediain kursus bahasa buat mahasiswa.


Image: https://inomics.com

5. Australia

Nah iniiii... Inget nggak Guys, beberapa waktu lalu Cinta Laura pernah wawancara sama Thor, alias Chris Hemsworth, terus pas bilang Cinta dari Indonesia, doi langsung ngajak ngomong pakai Bahasa Indonesia? Ternyata doi sempet belajar Bahasa Indonesia pas di sekolah, karena di Australia, Bahasa Indonesia jadi mata pelajaran wajib lho, nggak cuma di SD, tapi juga di beberapa kampus di Australia. Nih wawancaranya :


Itu tadi Guys lima negara di dunia yang mewajibkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Makin bangga dong berbahasa Indonesia?

SHARE & COMMENT