Badak Jawa Bakal Punya Rumah Baru Nih Guys!

24 May 2017

 

Salah satu hewan langka yang dilindungi, Rhinoceros Sondaicus atau badak Jawa bakal punya “rumah baru”. Mereka bakal dipindahin ke daerah Taman Margasatwa Cikepuh di Sukabumi, Jawa Barat!

Image: https://cdns.klimg.com


Kabar ini dateng dari Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Dahono Adji. Semua rekomendasi para ahli udah mateng soal Suaka Margasatwa Cikepuh yang cocok buat translokasi satwa langka ini.

“Cikepuh layak untuk translokasi karena lokasi tersebut merupakan kawasan konservasi dan merupakan suaka margasatwa. Sekarang tugas pemerintah tinggal sosialisasikan soal lokasi ini ke masyarakat, karena kalau ke Pemda udah dilakukan,” ungkap Bambang.

Kalau secara luas area, menurut Bambang, Cikepuh emang nggak terlalu luas, cuma sekitar 8.127 hektare tapi secara biofisik, lokasi ini punya kriteria yang sama atau mirip sama Taman Nasional Ujung Kulon. Secara internasional, lokasi ini juga diakui, jadi bakal lebih mudah melakukan translokasi satwa langka yang keberadaannya sangat diperhatikan dunia.

Badak Jawa yang merupakan satu dari lima spesies paling langka di dunia dan dikategorikan terancam punah atau critically endangered sama International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) saat ini cuma punya satu habitat di Taman Nasional Ujung Kulon.

Satwa bercula satu ini juga masuk Apendiks I Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) karena jumlahnya di alam dikiiiit banget. Diperkirakan cuma ada 67 individu jumlahnya sekarang.

SHARE & COMMENT