Mulai Oktober 2017, Semua Gerbang Tol Pakai Transaksi Non-Tunai

02 Jun 2017

 

Pop Patriotics pasti sering dong menggunakan jalan bebas hambatan alias tol baik di Jakarta maupun di daerah lain di Indonesia? Tapi sering sebel nggak sih kalau udah naik tol aja jalanannya masih suka tersendat sampai macet? Nah, worry no more nih, Guys! Pasalnya mulai Oktober 2017 mendatang, semua gerbang tol di Indonesia bakal diberlakukan transaksi non tunai. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah biar nggak lagi-lagi deh tuh ngantri lama-lama di gerbang tol. Karena adanya transaksi bayar tol jadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya ketersendatan. Yipi!


Image: https://cdn.tmpo.co

Bank Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal merealisasikan transaksi non-tunai di semua gerbang 45 ruas tol. Nah, realisasi ini diyakini bisa memangkas waktu transaksi secara signifikan. Soalnya nih, menurut General Manager Tol Jagorawi, Roy Ardian Darwis, selama ini banyak waktu terbuang buat transaksi di gerbang tol. (Yes! Pemikirannya sama!).


Image: http://cdn1-a.production.images.static6.com

Mulai dari terima pembayaran, mastiin uang yang dibayarkannya pas, ngitung kembalian, sampai ngasih kembalian, itulah yang sering jadi penyebab kemacetan di jalan tol.

“Jadi itu siapkan dulu, berhenti. Itu transaksinya biasanya bisa memakan waktu 11 detik. Tapi dengan cash less, itu dia bisa cuma empat detik, bahkan kurang,” kata Roy seperti yang Damn! kutip dari Kompas.com.


Image: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Selain mengurangi kemacetan, penerapan e-cash ini juga menguntungkan masyarakat dan pihak operator lho. Kalo dari sisi kita nih, sebagai masyarakat, transaksi non-tunai ini ngasih rasa aman, pasalnya jumlah uang yang dibayar lebih akurat, nggak perlu ada itung-itung uang kembalian, atau yang lumayan sering nih, uang kembaliannya jatohKalo dari sisi pengelola, pembayaran tol elektronik ini bisa nurunin empat resiko, kayak kesalahan proses manual oleh manusia, kesalahan penerimaan dan pengembalian, resiko uang palsu, dan resiko keamanan pas pengumpulan uang tunai.


Image: http://assets.kompas.com

Ya semoga aja ya Pop Patriotics, sistem yang diyakini bisa ngasih nilai tambah buat masyarakat dan operator jalan tol ini ngasih kemudahan dan kecepatan layanan jadi bisa semaksimal mungkin deh. Siapin tuh yang belum punya e-money...


Image: https://statik.tempo.co

SHARE & COMMENT