streatwear indonesia

Kenapa Kepala Burung Garuda Menghadap Kanan?

02 Jun 2017

 

Pop Patriotics tau dong, kalau pekan ini, kita masih memperingati #PekanPancasila? Nah, berhubungan dengan hal tersebut, Damn! masih pengen ngomongin soal Pancasila nih... Kalau kemarin tentang Fakta dan Sejarah Hari Lahir Pancasila, kali ini Damn! mau bahas soal Burung Garuda nih, lambang negara kita! Soalnya Pancasila sebagai dasar negara, tentu nggak bisa lepas juga ‘kan dari lambang negara, karena juga, Pancasila terdapat di Burung Garuda.


Burung Garuda ini pastilah udah nggak asing buat kita, Warga Negara Indonesia. Dimana-mana ada. Baik di lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan, sampai ke instansi-instansi resmi lainnya.

Tapi... Pop Patriotics pada tau nggak sih kenapa kepala Burung Garuda itu menghadapnya ke kanan? Di berbagai paham, lazimnya kanan itu identik dengan kebaikan. Begitupun dengan kepala Burung Garuda yang menghadap ke kanan, karena melambangkan kebaikan dan kebenaran. Burung Garuda diadaptasi dari kendaraan Batara Wisnu dalam pewayangan, yaitu Garudeya.

Di pagelaran wayang juga, tokoh-tokoh baik ditempatin di sebelah kanan, dan tokoh-tokoh jahat di sebelah kiri. Maka dari itu juga, Burung Garuda yang menoleh ke kanan menyimbolkan bangsa Indonesia untuk selalu mengarah ke kebaikan dan pencapaian yang lebih baik!

Itu dia Guys, alasan dibalik kenapa kepala Burung Garuda menghadapnya ke kanan. Kalau udah tau alasannya, yang nggak kalah penting lagi, kita harus ngejaga baik-baik nih kebanggaan Tanah Air kita, dihormati dan jangan lupa, diaplikasikan juga ke kehidupan sehari-hari kita.

SHARE & COMMENT