We O We, Peringkat UI Melejit Jadi Posisi 277 Dunia!

12 Jun 2017

 

Pasti Pop Patriotics pada tau dong sama Universitas Indonesia atau biasa kita kenal UI? Ya tau lah! Perguruan tinggi yang punya predikat terbaik se-Indonesia ini terbentuk pas pemerintah kolonial Belanda ngediriin sekolah yang tujuannya buat menghasilkan asisten dokter tambahan yang megang sertifikat buat melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta ngedapetin gelar Dokter Jawa (Javanese doctor). Dan lama kelamaan program pendidikannya diperbaharui terus sampe gelar yang dikasih jadi Dokter Medis (medical doctor).

Nah, itu tadi sejarah singkatnya. Kalau sekarang nih, Damn! mau ngasih berita baik lagi seputar UI yang mana, peringkatnya melesat dari posisi tahun lalu, 325 jadi 277 dunia! Naik 48 poin lho!


Image: https://upload.wikimedia.org

Pemeringkatan ini dilakuin sama Quacquarelly Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia! Pengumuman itu dikeluarin tanggal 8 Juni kemarin di www.topuniversities.com.

Buat Pop Patriotics yang belum tauQS University Ranking ini merupakan pemeringkatan resmi yang dijadiin acuan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI buat ngukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class UniversityWooowww...


Image: https://pbs.twimg.com

UI juga menyebutkan bahwa pemeringkatan ini jadi bukti kalau pendidikan tinggi di Indonesia udah diakui dunia dan mampu bersaing sama perguruan tinggi lain dari Asia, Australia, dan Eropa.

Rektor UI, Prof Dr Ir Muhammad Anis bilang kalau pencapaian UI ini merupakan hasil kerja keras segenap sivitas akademia UI. Tahun 2017 ini, UI tetep gencar dalam pelaksanaan konferensi internasional biar memacu pengembangan budaya riset dan inovasi, juga ningkatin jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional.

“Dalam upaya internasionalisasi, UI menambah jumlah dosen dan peneliti asing untuk dapat memberikan ajaran kepada mahasiswa UI serta memberikan pengalaman kepada dosen UI untuk ngajar di universitas asing mitra UI di luar negeri,” kata Rektor UI.

Kalau menurut survey yang udah dilakuin sama tim intelligence unit QS terhadap para pimpinan perusahaan, lulusan UI berkompeten, inovatif, juga efektif dalam bekerja dan mengimplementasikan keilmuannya.


Image: http://2.bp.blogspot.com

Waahhh... Two thumbs up deh pokoknya buat UI! Selamat ya! Semoga kedepannya jadi lebih baik dan lebih baik lagi dan pastinya ranking-nya naik terus!

SHARE & COMMENT