streatwear indonesia

Manfaat Rutin Donor Darah? Banyak Banget!

14 Jun 2017

 

14 Juni merupakan hari yang diperingati sebagai Hari Donor Darah sedunia. Hari Donor Darah ini diperingati berdasarkan kesepakatan WHO, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah. Penetapan ini maksudnya sebagai ungkapan penghargaan terhadap para pendonor darah sukarela di seluruh dunia yang tanpa pamrih udah ngebantu nyelamatin jutaan nyawa manusia yang membutuhkan darah.

Karena selain membantu sesama yang pastinya membutuhkan, donor darah (secara rutin) ini juga ngasih manfaat yang luar biasa buat tubuh si pendonor. Apa aja? Yuk, simak!


Image: https://pbs.twimg.com

1. Jantung sehat

Salah satu manfaat kesehatan dari ngedonorin darah kamu adalah bikin jantung lebih sehat. Zat besi dalam darah juga bakal meningkat dan ngurangin kemungkinan Pop Patriotics terkena penyakit jantung.

2. Bakar kalori

Ini nih buat yang males olahraga! Hehehe... Ternyata kalau Pop Patriotics secara rutin donor darah, bisa bantu bakar kalori juga. Contohnya, kalau darah yang Pop Patriotics donorin 450ml, kalian udah kehilangan sekitar 650 kalori.

3. Nurunin resiko kanker

Selain membakar kalori, rutin donor darah juga ngurangin resiko terkena kanker, termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan tenggorokan.

4. Ningkatin produksi darah

Mendonorkan darah secara teratur juga bisa ngebantu rangsangan produksi sel-sel darah baru. Dalam proses donor darah ini, bisa bikin badan tetep sehat dan bekerja lebih efisien.

5. Pikiran lebih stabil

Pop Patriotics tau nggak sih, kalau donor darah itu bisa bikin pikiran lebih bahagia dan damai. Bahagia karena bisa nolong sesama, dan damai dengan tubuh sendiri.

6. Bagian dari pemeriksaan kesehatan

Donor darah juga salah satu bagian dari pemeriksaan kesehatan. Begitu darah Pop Patriotics diambil dan dimasukkan ke kantong darah, bakal langsung diperiksa di laboratorium. Kalau darah Pop Patriotics negatif dari segala jenis penyakit, darah Pop Patriotics bisa langsung disumbangkan ke sesama yang membutuhkan. Kalau nggak, Pop Patriotics bakal dikasihtau apa yang sebenernya terjadi di tubuh Pop Patriotics.

7. Jadi lansia yang sehat

Nggak sedikit orang tua yang punya kesehatan cukup baik dan prima di usia lanjut karena mereka rutin mendonorkan darahnya pas masih muda sampai tua. Ya itung-itung investasi buat hari tua nanti ya, Pop Patriotics... Hehehe...

8. Nurunin kolesterol

Ini juga salah satu manfaat baiknya, bisa nurunin kolesterol dalam tubuh. Tuhhh... Yang muda-muda udah pada kolesterolan, coba donor darah yuk!


Itu tadi Guys, beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat kalau rutin mendonorkan darah. Yang udah rutin donor darah siapa hayooo? Yang belum, ikutan yuk!

SHARE & COMMENT