streatwear indonesia

Apa Sih Redenominasi Rupiah Itu? Dan Tujuannya Apa?

28 Jul 2017

 

Belakangan ini di media massa lagi rame banget nih ngomongin soal Redenominasi Rupiah. (Hmm... Sebenernya udah dari dulu sih, tapi hangat lagi baru baru ini). Setelah berhasil dengan mengganti design mata uang kita (dan lumayan mengurangi peredaran uang palsu), sekarang katanya Rupiah kita mau disederhanain nih! Walau masih dalam tahap pembahasan sih... 


Image: http://cdn-media.viva.id

Nanti nilai mata uangnya jadi lebih kecil tapi nggak mengubah nilai tukarnya. Ini namanya Redenominasi dan seringkali dicanangin buat direalisasiin sebagai salah satu kebijakan ekonomi di Indonesia. Nah, sebenernya Guys, apa sih manfaat dari Redenominasi ini? Damn! juga penasaran... Yuk, cari tau!

Efisien, Nyaman

Tujuan pertamanya ya tentu menyederhanakan nilai pecahan uang biar lebih nyaman dan efisien. Soalnya negara kita terkenal sebagai salah satu negara yang punya mata uang dengan angka nol terbanyak makanya pantes dikurangin. Hal inilah yang sering bikin sulit pertukaran mata uang Indonesia dengan mata uang asing.

(Persiapan) Kesetaraan Ekonomi Dengan Negara Lain

Kalau udah diredenominasi, nantinya mata uang Rupiah nggak bakal keliatan terpaut jauh pas dibandingkan sama mata uang asing. Tentu ini jadi manfaat ekonomis dan menimbulkan kebanggaan (jadi setara gitu lho). Nah kalau udah setara, diharapkan jadi stimulus peningkatan usaha di Indonesia dan jadi alat buat mengendalikan inflasi.


Image: http://i.38a.ru

Proses Perhitungan Jadi Sederhana

Hayooo... Di sini Pop Patriotics ada yang jadi akuntan juga nggak? Kalau udah diredenominasi, proses perhitungan dan pembuatan neraca keuangan tentu bakal makin menghemat waktu, mudah, dan pas.


Image: https://cdns.klimg.com

Nah kira-kira itu deh Guys manfaat Redenominasi Rupiah yang mungkin belum kamu ketahui. Sekarang jadi tau ‘kan... Buat yang tau apa lagi manfaatnya bisa di-share juga lhooo... Jadi, kalian setuju nggak nih sama Redenominasi Rupiah? Yaaa... Walaupun nggak dalam waktu deket, soalnya kalo menurut Presiden Jokowi nih, proses pelaksanaan redenominasi masih panjang. Kita tungguin aja ya, Guys!

SHARE & COMMENT