damniloveindonesia
damniloveindonesia
Bangga Banget! Bahasa Jawa Bergema di Bandara Dubai!
09 Aug 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia
 

"Nuwun sewu, Bapak-Bapak soho Ibu-Ibu... Penerbangan Emirates EK tigo gangsal wolu dateng Jakarta meniko bade sedyo pukul tigo..." yang artinya, "Permisi, Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu, penerbangan Emirates EK 358 ke Jakarta saat ini akan..."

Kalimat dengan Bahasa Jawa halus itu terdengar bukan di Tanah Air, Pop Patriotics. Melainkan di salah satu bandara internasional ternama, sekaligus bandara dengan predikat tersibuk nomor tiga di dunia, Bandar Udara Internasional Dubai. Say whaaaaat?


Image: https://cdn.shakeshack.com

Berita ini Damn! dapatkan dari salah seorang warga Indonesia, bernama Wahyu Pratomo yang lagi nunggu flight di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Aran. Langsung deh sejumlah calon penumpang asal Indonesia yang juga mendengar kalimat itu langsung ketawa. Wahyu sendiri merupakan penumpang dari maskapai Emirates Airlines dengan rute Amsterdam-Jakarta yang lagi transit di bandara tersebut.


Image: http://www.suratkabar.id

Ya, ternyata udah sejak tahun 2015, tepatnya tanggal 12 Mei, Bandar Udara Internasional Dubai ngumumin kalo mereka bakal memakai 26 bahasa, termasuk Bahasa Jawa. Nah pemilihan Bahasa Jawa sebagai sarana pemberi informasi kepada para calon penumpang tentu bukan nggak ada alesan ya, Pop Patriotics. Manajemen bandara sendiri menyadari kalo para calon penumpang mereka nggak semuanya berbahasa Inggris. Makanya deh dimasukkin bahasa-bahasa diluar bahasa utama di dunia.


Image: http://www.khaleejtimes.com

Selain karena pihak manajemennya sendiri sadar, para calon penumpang di Bandara Internasional Dubai ini nggak semuanya berbahasa Inggris, mereka juga sadar kalau bandara ini dipakai sama orang-orang dari berbagai belahan di dunia dan dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Makanya mereka menawarkan pengalaman yang baru, personal, dan nggak akan terlupakan pastinya!

"Ini adalah langkah menuju cita-cita kami untuk menyediakan pelayanan yang prima, untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan penumpang. Kebijakan ini juga dalam rangka mewujudkan Bandara Internasional Dubai sebagai silent airport," katanya Chris Garton, Executive Vice President Operation Bandar Udara Internasional Dubai, seperti yang dilansir sama Khaleej Times.


Image: http://static3.businessinsider.com

Nih video yang di-upload ke jejaring sosial :


Bangga banget nggak sih Guys, bisa mendengar bahasa Nusantara di luar negeri? Damn! sih bangga banget ya! Semoga aja sih bandara di Indonesia juga menerapkan hal yang serupa, seru banget nggak sih kalau kita lagi ke kota tertentu dan pengumumannya pakai bahasa daerah dari kota tersebut? Menurut Pop Patriotics gimana?



COMMENT


Jember Fashion Carnaval Yang Mendunia Balik Lagi! ❮ Prev Article
Belajar Sejarah dari Film BANDA: THE DARK FORGOTTEN TRAIL Yuk! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Gangsta Black Male
IDR IDR 250.000
Tee Rangkong Pocket Pink ...
IDR IDR 250.000
Tee Sign White HD Black ...
IDR IDR 220.000
Tee Slash Garuda Gangsta ...
IDR IDR 250.000