streatwear indonesia

Kenalin Nih Kapal Nagapasa, Kapal Selam Baru Milik Indonesia!

31 Aug 2017

 

Kita sebagai warga Indonesia boleh berbangga nih, Guys! Pasalnya, Angkatan Laut Indonesia resmi punya kapal selam terbaru yang namanya KRI Nagapasa-403! Wuih, keren banget ‘kan!


Image: http://assets.kompas.com

KRI Nagapasa-403 merupakan satu dari tiga kapal selam yang dipesan oleh Indonesia dari Korea Selatan pakai ToT atau Transfer of Technology. Kapal selam dengan panjang 61,3 meter dengan kecepatan lebih kurang 21 knot di bawah air ini masuk ke jajaran kapal perang milik Indonesia lho.

Lebih hebat lagi, keunggulan dari kapal ini adalah bisa berlayar lebih dari 50 hari dan bisa menampung sekitar 40 kru. Buat menunjang fungsi, kapal ini juga dilengkapi dengan senjata torpedo berfasilitas delapan buah tabung peluncur. Nggak main-main, kapal selam ini juga bakal dilengkapi dengan torpedo “Black Shark” buatan Italia. Wooowww…


Image: https://www.kemhan.go.id

Jadi nih Pop Patriotics, pas Upacara Shipnaming (pemberian nama) di dermaga galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Okpo, Geoje, Korea Selatan, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu ngejelasin soal nama Nagapasa. Sejarah punya sejarah, ternyata nama Nagapasa diambil dari nama anak panah milik tokoh wayang Indrajit.

Ceritanya, Indrajit punya dua anak panah andalan, yaitu Nagapasa dan Mahanosara. Nah Nagapasa ini mampu melumpuhkan musuh pas dilepaskan dari busurnya. dan bisa berubah jadi ribuan ular berbisa. Kalau Mahanosara bisa bikin musuh ngantuk!

Penamaan KRI ini tentu diharapkan bisa ngelaksanain tugas dan fungsinya sebagai senjata andalan. Kayak ngasih daya tangkal atau deterrence effect di kawasan regional dan nambah eksistensi TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas dan berperan aktif tentunya dalam memperkuat pertahanan negara.


Image: https://i.ytimg.com

Keren banget ya filosofi nama kapal ini Guys? Pendapat kalian gimana?
SHARE & COMMENT