Film Lokal Rasa Internasional

02 Apr 2018

 

Pop Patriotics! sering nggak sih nonton film-film Indonesia? Atau jangan-jangan cuma nonton film Holywood atau Korea doang ya?? Damn! mau ngasih beberapa film yang nggak kalah bagus nih dari film-film luar, bahkan mereka juga tayang di luar negeri lho! Here they are

1. Tabula Rasa

aiya dot org dot au.jpgBaru-baru ini, film Tabula Rasa ditayangkan di Sofia International Film Festival yang ke 22 di Bulgaria lho Pop Patriotics!. Dikutip dari Antara, ternyata film ini di-request sendiri oleh komite festival untuk ditayangkan di sana! Such an honour right. Film ini bercerita tentang pria asal Papua, Hans (Jimmy Kobogau) yang datang ke Jakarta untuk jadi pemain bola profesional. Tapi takdir berkata lain, dia gagal untuk mengikuti pelatihan dan malah menjadi juru masak di Rumah Makan Padang!


sumber: aiya.org.au


2.  Sekala Niskala: The Seen and Unseen

Pop Patriotic tau nggak sih kalau ternyata anak kembar itu selain wajahnya yang mirip, tapi mereka juga punya ikatan batin yang kuat bangetNah, ikatan batin yang kuat ini jadi awal mula dari film Sekala Niskala: The Seen and Unseen. Dua kembar asal Bali Tantri & Tantra berhasil membuat film ini memenangkan Grand Prix lho di Berlin International Film Festival Februari  lalu. Penggambaran kembar di film ini nggak biasa banget karena ada budaya Bali di sana dan psst… Damn! kasih bocoran nih, ada “Ibu” lho di sana, if you know what I mean J

sumber: Instagram/Kamila Andini


3.  Marlina si Pembunuh Dalam 4 Babak

Dengan plotnya yang nggak biasa, film Marlina si Pembunuh Dalam 4 Babak memberikan banyak kejutan kepada penontonnya. Dibagi menjadi 4 babak yang diawali dengan perampokan di rumah Marlina sendiri, diikuti dengan perjalanan Marlina menuju kantor polisi sambil menenteng kepala perampok rumahnya. Yep, it really was the plunderer’s head she brought to police station. Lalu Marlina mengaku dan akhirnya… kelahiran. Penasaran dengan kelahiran siapa? Go watch the film! J . Marlina Si Pembunuh Dalam 4 Babak dengan plot tak biasa ini, berhasil memenangkan Grand Prize di Tokyo Filmex International Film Festival, November lalu.


sumber: Cinema.ch


4.  Athirah

Film yang menceritakan tentang fenomena di masyarakat?  Biasa. Film yang menceritakan tentang biografi artis? Sudah biasa. Nah, kalau film yang menceritakan tentang ibu dari Wakil Presiden yang sedang menjabat? Hmnggak biasa ya? Yes, this is it! Athirah. Film Athirah besutan sutradara Riri Riza dan Produser Mira Lesmana ini menceritakan tentang perjuangan ibu dari Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam membesarkan anak-anaknya. Film ini punya patar belakang budaya bugis yang kental banget Pop Patriotics! dan latar belakang budaya ini menjadikan film Athirah menjadi pemenang di Vesoul Internatinal Film Festival of Asian Cinema di Prancis Februari 2017 lalu.


sumber: Twitter/MilesFIlm


Have you seen any of these films? If not, watch them! Jangan kalah dari warga asing yang sudah menyaksikan mereka. Kita pun harus bisa mengapresiasi film sendiri, setuju?! 

 

SHARE & COMMENT