streatwear indonesia

Bagaimana Tetap Aman Ketika Bencana Alam Ini Menyerang..

23 Apr 2018

 

Berita duka datang pada Rabu 18 April kemarin, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dilanda gempa dengan kekuatan 4,4 SR. Gempa ini termasuk gempa dangkal tapi cukup mengguncang Banjarnegara dengan rusaknya ratusan bangunan. Terhitung sampai hari ini, ada 13 gempa susulan yang melanda Banjarnegara. Gempa yang terjadi di Banjarnegara ini ternyata bukan gempa pertama disana. Dampak gempa sebelumnya terjadi di tahun 2015 lalu, yang terjadi di sebagian selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.  

Informasi yang Damn! dapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah udah ada 2 korban tewas, puluhan luka-luka dan ribuan jiwa mengungsi. Turut berduka cita untuk korban yang meninggal, dan simpati  buat teman-teman yang saat ini berada di pengungsian.

Damn! mau share tips keamanan menghadapi bencana gempa, dibaca ya...

Di dalam rumah/ruangan

Jangan panik dan cari tempat berlindung. Kalau kamu nggak panik kamu bisa melihat situasi lalu dengan cepat mencari tempat berlindung. Kamu bisa berlindung di bawah meja atau kursi. Jauhi lemari ya, karena kamu bisa kejatuhan barang-barang!

Sambil berlindung kamu harus menutupi kepala dan leher. Ingat juga untuk menjauhi jendela karena kaca di jendela mudah pecah dan bisa melukai kamu.

sumber: earthquakenews.com

Kalau kamu nggak bisa kemana-mana alias kejebak, STAY WHERE YOU ARE! Sampai getaran udah nggak berasa lagi. Jangan panik dan malah lari-larian di dalam ruangan ya! Tetap merunduk dan lindungi kepala.

Setelah gempa terjadi, coba liat keadaan sekeliling. Kalau memungkinkan untuk keluar, misalnya ada jalan yang aman, langsung keluar mencari pertolongan. Tapi kalau kamu kejebak direruntuhan jangan langsung buru-buru keluar karena kita nggak tau keadaan setelah gempa gimana. Tetap tenang. Kalau kamu lagi megang handphone langsung hubun gi orang terdekat untuk minta pertolongan dan kasih tau kondisi kamu. Kamu bisa menghubungi nomor BPPD daerah kamu guys. Atau hubungi hot line 021-29827793 Badan Nasional Penanggulangan Bencana . Kalau kamu nggak lagi memegang alat komunikasi apapun, gunakan benda di sekitar kamu dengan mengetuk-ketukan/memukul benda yang bisa menimbulkan suara, supaya bisa mendapatkan bantuan dari orang yang mendengarnya.

sumber: blogspot/2.bp

Di luar ruangan/dalam kendaraan

Kalau kamu lagi di jalan atau di tempat terbuka, jauhi gedung-gedung ya. Kamu juga harus menjauhi tiang listrik, pohon dan jembatan, soalnya dari guncangan gempa bisa banget tiang listrik, pohon dan jembatan tersebut jatuh.

Selain itu, kalau kamu lagi di kendaraan, langsung menepi dan berhenti. Jangan ngotot buat jalan karena kondisi jalan pasti nggak stabil karena getaran gempa. Sekali lagi jangan berada di dekat gedung-gedung, tiang listrik, pohon dan jembatan!

Tetap ikuti kabar terbaru dari gempa dari radio-radio di kendaraan kamu dan jangan sekali-kali keluar dari kendaraan. Keep aware dengan keadaan sekitar dan tunggu pertolongan dari pihak terkait. Kita nggak tau kan, apa akan ada gempa susulan atau nggak.

Menurut informasi dari detik.com Kementrian Sosial akan mengirimkan makanan beserta lauk pauk paket, susu, saus & kecap, biskuit, mie instan, telur dan beras. Semoga bantuan dari pemerintah cepat sampai ya ke sana.

Mudah-mudahan tips bagaimana tetap aman ketika bencana alam ini menyerang, berguna ya Pop Patriotics! intinya jangan panik dan selalu aware dengan keadaan sekitar, and stay safe J 

SHARE & COMMENT