Wow! Kopi Indonesia Bisa Jajah Amerika

25 Apr 2018

 

Kopi-kopi Indonesia udah “menjajah” banyak negara di dunia, termasuk Amerika Serikat. Bahkan ada acara yang diadain khusus untuk apresiasi kopi-kopi asal Indonesia ini. Simak di sini yuk!

Kedutaan besar Indonesia di US ngadain acara “Ngopi Sore” 13 April lalu. Acara ini jadi ajang ketemu para pecinta kopi Indonesia di Amerika Serikat. Yang diundang rame banget, mulai dari barista, coffee shop owner, importir dan masih banyak lagi.


sumber: Twitter/KBRIwashDC

Dikutip dari The Jakarta Post, ajang “Ngopi Sore” ini dibuat oleh pihak kedutaan untuk memperkenalkan kopi Indonesia sebagai bagian dari budaya dan gaya hidup kita.Nah, ada fakta menarik nih Pop Patriotics!, ternyata konsumen kopi Amerika tertarik lho dengan cerita-cerita dari biji kopi Indonesia.

Kan banyak tuh, mulai dari kopi Gayo dari Aceh, kopi Toraja dari Sulawesi Selatan, kopi Kintamani dari Bali, kopi Jawa, kopi Luwak dan masih banyak lagi. Pasti beragam dong cerita dan cara pengolahan kopinya dari tiap-tiap daerah.

Selain ada acara ngopi-ngopi, ada juga pemutaran teaser dari film dokumenter yang judulnya “Legacy of Java”. Film ini adalah lanjutan dari film “Aroma of Heaven” yang nyeritain tentang pandangan pemiliki bisnis kopi di kota-kota besar di Jawa. Tapi nggak cuma itu, film ini juga ngebahas tentang keprihatinan petani di desa tentang keberlangsungan kopi-kopi di sana.


sumber: Twitter/KBRIwashDC

Pop Patriotics tau nggak sih kalau Indonesia itu salah satu pemasok kopi terbesar di dunia termasuk ke Amerika Serikat. Eits, nggak cuma itu, kopi juga jadi penggerak ekonomi di daerah-daerah di Indonesia lho. Wah, ternyata besar banget ya peran kopi di Indonesia ini.

Masih dari acara “Ngopi Sore” nih. Ada sesi fun cupping Pop Patriotics! dimana tamu-tamu yang datang bisa nyobain kopi-kopi Indonesia, beberapa di antaranya kopi Jawa Puntang, Jawa Bowongso, Aceh Gayo, Sumatra Tiga Raja, Sulawesi Rantemario dan Flores Manggarai.


sumber: Twitter/KBRIwashDC

“Ngopi Sore” ini sendiri adalah satu dari beberapa rangkaian acara untuk ngenalin kopi-kopi premium asal Indonesia. Nah, setelah acara ini akan ada Global Specialty Coffee Expo  dari tanggal 20-22 April di Seattle.

Wah, kopi-kopi Indonesia emang top markotop deh dalam “menguasai” dunia. Kalau kamu, kopi mana yang udah bisa “menguasai” hati kamu? J

SHARE & COMMENT